Politik

Audensi Periodik Bagi Transparansi

19 Mei 2017   11:49 Diperbarui: 19 Mei 2017   14:58 53 1 0
Audensi Periodik Bagi Transparansi
Parpol Indonesia | mediaindonesia.com

Input saran kepada negara

Agar kiranya dapat dibuatkan program tetap dan formil berupa audensi dialog interaktif antara parpol-parpol yang duduk di parlemen dengan rakyat. 

Tujuannya adalah agar parpol-parpol dapat mendengar secara langsung aspirasi, kritik, saran dari masyarakat termasuk evaluasi penilaian masyarakat terhadap kinerja, eksistensi sepak terjang parpol baik di masyarakat maupun utamanya di gedung parlemen.

Mekanismenya:

- Bergiliran merata di seluruh penjuru Negara Kesatuan Republik Indonesia, dikemas secara formil bersama liputan televisi. 

- Berkala/periodik bisa 1x /bulan bergantian partai tiap bulannya.

- Dihadiri langsung oleh fungsionaris DPP Partai dan masyarakat secara random.

 

Tujuannya:

- Sebagai implementasi rill bahwa rakyat adalah sungguh-sungguh pemegang kedaulatan tertinggi di negara ini yang diwakili oleh profil-profil di parlemen melalui utusan parpol. 

- Memastikan/mengawal kredibilitas, akuntabilitas anggota parlemen.

- Memastikan bahwa segala sesuatunya di parlemen berjalan dengan semestinya sesuai ekspektasi masyarakat pemberi mandat kepercayaan.

- Chek & balance secara periodik terhadap konsekwensitas komitmen parpol yang telah diberikan mandat perwakilan (suara).

- Antisipasi aksi 'permufakatan' abuse of power parlemen secara sepihak tanpa sepengetahuan rakyat bagi tendensi pengamanan kepentingan pihak tertentu.

 

Salam Kritisme Rakyat, 

- Charley O'Brandie -