Berbagai Makanan Korea yang Enak

24 Mei 2012 08:14:12 Dibaca :
Berbagai Makanan Korea yang Enak

SUMBER :  http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com/2012/05/berbagai-makanan-korea-yang-enak.html

Mencicipi makanan khas Korea membuat saya tergoda untuk kembali menikmatinya terus menerus. Sebelumnya saya sudah pernah membuat postingan mengenai makanan Korea. Di dalam postingan saya sebelumnya itu, hanya terdapat 3 jenis makanan Korea yang enak. Karena postingan itu saya bikin untuk mengikuti kontes PEMILIHAN TOUCH KOREA TOUR PENGALAMAN TIM EVENT yang diselenggarakan oleh facebook Korea Tourism Organization (Indonesia) dan twitter @KTOJakarta, walaupun akhirnya gak kepilih jadi pemenang, tapi tetap semangat kok. Ketiga jenis makanan Korea tersebut antara lain adalah Kimchi, Samgyetang dan Kue Tradisional Tteok. Padahal selain ketiga makanan tersebut, ada banyak lagi makanan Korea yang enak menurut saya. Kebanyakan makanan Korea yang enak itu saya liat gambar atau videonya di internet. Saya ingin sekali dapat mencoba bagaimana rasanya.

Misalnya untuk makanan berkuah atau sup, saya ingin mencoba Seolleongtang, Jeongol dan Jjampong. Seolleongtang dan Jeongol merupakan sup berkuah khas Korea, sedangkan Jjampong adalah mie kuah Korea Selatan dan Naengmyeon adalah mie kuah Korea Utara. Sup Seolleongtang Sup Seolleongtang Seolleongtang adalah sup yang sangat populer di Korea. Kadang, masakan ini menjadi satu-satunya menu yang sengaja disediakan oleh banyak restoran korea. Bahan masakan yang satu ini terbuat dari sup kaldu tulang sapi yang direbus dalam waktu lama. Biasanya masak sup ini membutuhkan waktu berjam-jam lamanya agar kalsium yang ada terlepas sampai tulangnya berwarna putih khas. Untuk itu Seolleongtang adalah masakan korea yang paling lama waktu memasaknya. Biasanya dalam menu sup Seolleongtang juga ada juga potongan daging sapi dan lobak. Bayangkan bagaimana enaknya sup kaldu tulang sapi dengan potongan daging sapi dan lobak di dalamnya, pasti rasanya nikmat, apalagi disajikan dalam keadaan hangat dan pedas sesuai dengan selera saya, hmm, nyummyyyy.. Sup Jeongol Sup Jeongol Selanjutnya adalah Jeongol, sup yang dahulu kala hanya dibuat untuk kalangan bangsawan atau keluarga kerajaan di Korea. Sup Jeongol memiliki rasa yang enak dan beragam, karena biasanya di dalam menu terdapat irisan daging sapi, berbagai jenis makanan laut (seafood), berbagai jenis sayuran serta bumbu penyedap lainnya yang direbus secara bersamaan dalam sebuah panci besar. Sup Jeongol ini sangat cocok untuk saya, karena saat direbus ditambahkan bumbu gochujang dan bubuk cabai lainnya agar menambah rasa pedas. Gochujang adalah pasta cabai yang sering digunakan dalam berbagai masakan Korea. Oh betapa cocoknya untuk saya yang merupakan seorang penggemar makanan pedas ya. Jjampong Jjampong Kemudian masakan Korea yang enak lainnya adalah Jjampong, mie kuah Korea yang menggunakan campuran seafood, daging sapi dan sayuran. Mie nya sendiri terbuat dari tepung gandum. Biasanya dalam memasak Jjampong, sering ditambahkan bawang dan minyak cabai. Karena Jjampong terkenal sebagai mie kuah yang pedas. Pendapat saya mengenai mie yang satu ini perfect banget, sebagai seorang pecinta makanan pedas, apalagi mie ya, maka Jjampong ini sangat sempurna. Ditambah paduan rasa seafood dan daging sapi dengan kuah pedasnya, pas dimakan, ohh rasanya gimana gitu, nggak kebayang. Jjampong ini pengen banget saya cari dan saya coba. Ada nggak ya di Indonesia? Khususnya di Jakarta, hehehe… Bingsu Bingsu Untuk dessertnya, saya ingin mencoba mencicipi bingsu dan omija cha. Bingsu adalah dessert khas Korea yang sangat digemari, terutama pada hari-hari musim panas yang terik. Makanan ringan ini pertama kali dikenal sebagai es serut kacang merah manis yang dijual di pedagang kaki lima. Kini bingsu tersedia dalam banyak rasa dengan variasi tambahan es krim, yogurt dingin, susu kental manis, sirup dan buah-buahan seperti strawberry, pisang, kue beras tteok, agar-agar dan sereal. Beberapa rasa yang menjadi unggulan dari bingsu adalah kopi, teh hijau, pinkberry dan mangga. Omija Cha Omija Cha Setelah bingsu, minuman pencuci mulut yang segar adalah omija cha atau teh buah omija. Yang unik dari teh ini adalah memiliki 5 rasa buah omija, yaitu manis, asam, asin, pahit dan pedas dalam berry. Di Korea, berry ini biasanya dijadikan teh yang dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan madu, kelopak bunga, bubuk kacang hijau, dan lainnya. Omija juga digunakan sebagai penyedap untuk makgeolli. Untuk penggunaan sehari-hari, teh ini bagus untuk saluran pernapasan, tetapi dalam hal obat tradisional, omija sering digunakan untuk menyembuhkan hati atau liver. Itulah berbagai makanan lainnya yang enak dan ingin sekali saya cicipi. Sebenarnya sih pasti masih ada banyak lagi makanan Korea yang menarik, tapi yang saya temukan paling oke ya baru beberapa di atas, terutama jjampong ya. Kalo ada saran atau masukan lagi mengenai makanan Korea, kasihtau ke saya ya, hehehe… Terima kasih banyak, jangan lupa lihat video kuliner Korea yang satu ini ya.

Jimmy Bonang

/entertainmentgeek

BLOG SAYA MEMBERIKAN INFO TENTANG ENTERTAINMENT & SEBAGAINYA
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?