Mohon tunggu...
Detha Arya Tifada
Detha Arya Tifada Mohon Tunggu... Editor - Content Writer

Journalist | Email: dethazyo@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Menelanjangi Keunggulan All New Sienta

4 Desember 2016   13:41 Diperbarui: 4 Desember 2016   13:56 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan luar All New Sienta/ dethazyo

Dalam hal memilih mobil yang tepat guna menunjang aktivitas sehari-hari, rasanya tak perlu terlalu berlebihan dengan membaca hingga 4 -5 ulasan yang bertebaran didunia maya dan juga media cetak. Samakan saja seperti halnya memilih smartphone. Minimal memiliki tampilan menggoda, punya RAM gede, internal Memori yang cukup menampung ratusan foto hingga video, kamera belakang yang menunjang aktivitas serta ditunjang dengan jaringan 4G.

Meski memilih mobil bagus dapat meningkat kasta dalam bermasyarakat, hal yang paling penting justru balik lagi ke selera masing-masing orang, semisal tujuan memiliki mobil, nyaman tidaknya saat digunakan, sesuai budget apa tidak hingga yang terpenting dapat digeber di jalanan ibu kota yang notabene blablabla (enggak harus kan jelasin yang satu ini, Ahhh sudahlah).

Sejak mendapatkan undangan dari Toyota Sienta dan Kompasiana untuk mengikuti acara “Kompasiana Coverage Unlock Your Weekend Healthy Living: Fun Bike #PopUpPlayground.” Bukan Cuma fun bike yang menjadi alasan untuk ikutan acara yang diadakan di The Down Town Parking Area Summarecon Mall Bekasi, Jl. Boulevard Ahmad Yani, Blok M Sentra, Bekasi Utara, Jawa Barat. terlebih karena adanya All New Sienta sebagai bintang acara, sebuah mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang digadang-gadang dapat mengakomodir segala macam kebutuhan sehari-hari. 

Membuktikan keunggulan Sienta/ dethazyo
Membuktikan keunggulan Sienta/ dethazyo
Oleh karenanya saya pun tak buru-buru mengemas barang-barang dan pulang setelah berlangsungnya fun bike, tetapi menunggu lebih lanjut pemaparan dari keunggulan mobil dengan 7 tempat duduk tersebut, karena hampir tiap sudut lokasi acara ditempatkan sebuah All New Toyota Sienta, baik yang berseri E,G, V, dan Q. Itulah mengapa rasa penasaran semakin meninggi dan keputusan untuk melihat-lihat dilakon sebelum melakukan test-drive.

Secara tampilan luar,Sienta cukup menawan dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, serta tinggi 1.675. hanya dari tampilan luarnya saja, rasanya mengendarai sienta untuk kerja bisa menambah rasa percaya diri. Itulah mengapa saya tertarik untuk mengetahui spesifikasinya lebih lanjut. Macam masyarakat lainnya, tertarik dari luar dulu, baru mau tahu lebih lanjut bagian dalamnya.

fitur sliding door yang memukau/ dethazyo
fitur sliding door yang memukau/ dethazyo
Saat pintu belakang kemudi dibuka, saya dikejutkan dengan adanya fitur sliding door yang disematkan di Sienta, padahal harga sebuah Sienta berada diangka 200-an juta. Fitur tersebut menambah kesan mewah bagi siapa saja yang memiliki salah satu dari All New Sienta. Khususnya untuk saya yang sehari-hari bekerja di bidang kreatif. kadang saat mau menyiapkan barang-barang perlengkapan photoshoot, hal yang paling menyibukkan ialah mengeluarkan barang-barang dari mobil, perkara ini kadang membuat kepala pusing saat memilih tempat parkir, agar semua barang dapat dikeluarkan. Maka jelas adanya sliding door, tentu memberikan kemudahan bagi aktivitas saya. Parkir dicelah sempit sedikit pun bukanlah sebuah halangan.

Tak lupa, saya turut menyoroti masalah ground clerance dari Sienta yang cukup tinggi, mengingat cuaca di Jakarta yang mudah galau, musim kemarau yang kadang hujan, sehingga genangan berada dimana-mana. Maka jelas hal ini cukup penting sebagai bahan pertimbangan. Belum lagi jalanan yang bolong sana-sini berduet pula dengan polisi tidur yang berada didaerah perumahan umumnya.

fitur dive in seat/ dethazyo
fitur dive in seat/ dethazyo
mtb aja masuk, apalagi kamu/ dethazyo
mtb aja masuk, apalagi kamu/ dethazyo
Lalu bagaimana dengan kabin dan bagasi mobil? Selama mata memandang, keduanya cukup luas, apalagi dibagian bagasi. Fitur dive-in seat yang memungkinkan kursi baris ketiga bisa dimasukan ke baris kedua, membuat kapasitas bagasi lebih luas. Dua sepeda berjenis MTB aja masuk, itupun masih menyisahkan space untuk barang-barang lain. Untuk mudik lebaran pas kali ya pakai Sienta. Hehehhehe.

Kemudi yang nyaman/ dethazyo
Kemudi yang nyaman/ dethazyo
Setelah memasuki mobil, saya merasa aman dikarenakan adanya air bag yang berada dikursi depan, tempat duduknya pun cukup nyaman untuk diduduki. Adanya sensor parkir yang disematkan di Sienta jelas sangat membantu. Otomatis, kepercayaan prihal keamanan dan kenyaman tak perlu ditanyakan lagi.  Mesin Sienta bertransmisi manual pun dinyalakan, sebelum berjalan mengelilingi lokasi acara, tak lengkap rasanya jika tak ada sebuah hiburan berupa musik, sekalipun test-drive memakan waktu tak sampai 10 menit.

spedometer yang futuristik/ dethazyo
spedometer yang futuristik/ dethazyo
Maka dari itu fitur advance entertainment yang dimiliki di sienta akhirnya diotak-atik terlebih dahulu. Istimewa, mirror link over wifii yang terhubung langsung ke audio system ternyata ada di sienta, jadi saya yang sedari dulu menggunakan perangkat android bisa langsung menyetel musik, supaya semangat lagu dari P.O.D. berjudul Goodbye For Now menjadi pilihan, suara-suara keriuhan acara nyaris tak terdengar karena fitur kedap suara dari Sienta, hal itu sebuah isyarat agar volume ditinggikan agar musik didengar secara khusus dari dalam mobil tanpa adanya gangguan. Setelahnya baru berangkattt.

Tarikan awal yang halus, suara mobil yang nyaman ditelinga, serta minim akan getaran itulah yang saya rasakan. Melalui jalanan yang tidak teratur atau jalanan berlubang sekalipun Sienta tetap melaju dengan sempurna. Meski hanya satu putaran, saya sudah dapat merasakan sensasi kenyamanan mengendarai Sienta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun