Silabus

31 Oktober 2012 04:21:06 Dibaca :


Lembar Kerja


MATA KULIAH PENYUSUNAN SILABUS


BERDASARKAN PERMENDIKAS NO, 22 TH. 2006 TENTANG STANDAR ISI


DAN NO, 41 TH, 2007 TENTANG STANDAR PROSES








Nama Mahasiswa




Fifit Nur Maysaroh






NIM




210310187






Kelas




TB.F






Semester




V (Lima) Program Sudi Pendidikan Agama Islam






Dosen Pembina




Dr. Basuki, M.Ag










Langkah-Langkah Pengembangan Silabus









Sebelum mengembangkan silabus setiap Mata Pelajaran, KKG/MGMP harus mengkaji dan mengidentifikasi terlebih dahulu SK dan KD sebagaimana telah ditetapkan dalam Permendiknas No. 22 tahun 2006






Langkah Pertama




Mengisi identitas mata pelajaran pada kolom Lembar Kerja-1






Langkah Kedua




Menulis SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1. SKditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006






Langkah


Ketiga




Mengembangkan KD menjadi sejumlah Indikator, dengan beberapa tahapan sebagai berikut:









1. Melakukan analisis KD yang akan dikembangkan menjadi sejumlah indikator. Analisis KD bisa mencakup salah satu dari tiga aspek , atau dua aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mempermudah melakukan analisis KD, gunakan Lembar Kerja – 2


2. Memilih KKO (Kata Kerja Operasional) yang sesuai dengan masing-masing aspek untuk merumuskan Indikator sementara, Untuk mempermudah merumuskan indikator sementara, gunakan Lembar Kerja – 3


3. Mengurutkan semua indikator yang ditulis pada Lembar Kerja - 3 berdasarkan logika dan tingkat kompleksitas masing-masing indikator dengan memberikan nomor tiga digit pada kolom Lembar Kerja – 4


4. Semua rumusan indikator pada Lembar Kerja - 4 yang telah diberi nomor tiga digit, disalin dan dicopy ke dalam kolom lembar kerja – 1






Langkah Keempat




1. Mengidentifikasi materi yang akan dipelajari untuk setiap indikator. Materi tersebut meliputi materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Untuk mengidentifikasi materi, gunakan Lembar Kerja – 5


2. Semua Pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang telah diidentifikasi pada Lembar Kerja – 5, disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja - 1







Langkah Kelima




Langkah-langkah mengembangkan Kegiatan Pembelajaran Aktif


1. Menentukan strategi active learning yang sesuai dengan indikator dan karakteristik materi yang akan dipelajari


2. Menentukan sumber/bahan/alat yang akan digunakan atau dimanfaatkan selama kegiatan pembelajaran


3. Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran aktif . Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja - 6


4. Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja- 6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1






Langkah Keenam




Menentukan bentuk dan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian masing-masing indikator dengan menggunakan Lembar Kerja - 7. Bentuk dan jenis penilaian yang telah ditentukan ditulis langsung pada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1






Langkah Ketujuh




Menentukan alokasi waktu yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran per KD. Alokasi waktu yang telah ditentukan ditulis langsung pada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1 (Gunakan Lembar Kerja 8)






Langkah Kedelapan




Sumber/bahan/alat yang telah ditentukan pada Lembar Kerja – 6, disalin dan dicopy ke dalam dalam Lembar Kerja -1 (Gunakan Lembar Kerja 9)








LEMBAR KERJA -1


Þ Isilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1. SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006








Nama Sekolah




: MAN 1 Ponorogo




Kelas/Semester : X_________________________________






Mata Pelajaran




: al-Qur’an Hadits




Alokasi Waktu : __________________________________











Standar Kompetensi : 3. Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan











Kompetensi


Dasar




Indikator




Materi




Kegiatan Pembelajaran




Penilaian




Alokasi Waktu




Sumber/ Bahan/ Alat








3.2. Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an



























































































































_____________________________________________.



Guru Mapel _________________________________






LEMBAR KERJA -2


Þ Kembangkan satu KD yang anda tulis, menjadi beberapa Indikator dengan beberapa lembar kerja LK-2, LK-3 dan LK-4


Þ Lakukan analisis tehdap KD yang anda tulis. Analisis KD bisa mencakup salah satu dari tiga aspek , atau dua aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mempermudah melakukan analisis KD, gunakan Lembar Kerja – 2








Kompetensi Dasar




Pengetahuan apa sajakah yang harus diketahui siswa ?




Ketrampilan apa sajakah yang harus dapat ditunjukkan siswa ? (produk)




Apa yang harus bisa diperagakan siswa ? (kinerja)




Sikap apa/perilaku apa sajakah yang harus dimiliki siswa ?






Pengetahuan




Ketrampilan




Sikap






3.2. Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an













Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia















Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam















Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai pelajaran bagi manusia








































































































NB : Tidak semua kompetensi memuat jawaban untuk semua aspek. Hal ini turut ditentukan oleh jenis kompetensi dasarnya. Jika kompetensi dasar bersifat kognitif, sudah pasti rincian tandanya pun cenderung kognitif.





LEMBAR KERJA -3


Þ Pilihlah KKO (Kata Kerja Operasional) yang sesuai dengan masing-masing aspek untuk merumuskan Indikator sementara, Untuk mempermudah merumuskan indikator sementara, gunakan Lembar Kerja – 3








Kata Kerja Operasional




Aspek pengetahuan atau ketrampilan atau sikap yang harus dimiliki oleh siswa






Menunjukkan




Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia






Menunjukkan




Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam






Menunjukkan




Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia





















LEMBAR KERJA -4


Þ Urutkan semua indikator yang ditulis pada Lembar Kerja - 3 berdasarkan logika dan tingkat kompleksitas masing-masing dengan memberikan nomor tiga digit pada kolom Lembar Kerja – 4








Rumusan Indikator Sementara




Urutan Nomor Indikator






Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia




3.2.1






Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam




3.2.2






Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia




3.2.3






Semua rumusan indikator pada Lembar Kerja - 4 yang telah diberi nomor tiga digit, disalin dan dicopy ke dalam kolom lembar kerja – 1












Nama Sekolah




: MAN 1 PONOROGO




Kelas/Semester : X/II






Mata Pelajaran




: Al-Qur’an Hadits




Alokasi Waktu : __________________________________











Standar Kompetensi : 3. Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan











Kompetensi


Dasar




Indikator




Materi




Kegiatan Pembelajaran




Penilaian




Alokasi Waktu




Sumber/ Bahan/ Alat








3.2. Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an




3.2.1 Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia





















3.2.2 Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam












3.2.2 Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia

























































































_____________________________________________.



Guru Mapel _________________________________





LEMBAR KERJA -5


Þ Melakukan Identifikasi materi untuk setiap indikator yang meliputi materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan.


Untuk mengidentifikasi materi, gunakan Lembar Kerja – 5








Nomor Indikator




Pokok Bahasan




Sub Pokok Bahasan






3..2.1




Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia









3.2.2




Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam









3.2.3




Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia






















































































Semua Pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang telah diidentifikasi pada Lembar Kerja – 5, disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja - 1












Nama Sekolah




: MAN 1 PONOROGO




Kelas/Semester : X/II






Mata Pelajaran




: Al-Qur’an Hadits




Alokasi Waktu : __________________________________











Standar Kompetensi : 3. Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan











Kompetensi


Dasar




Indikator




Materi




Kegiatan Pembelajaran




Penilaian




Alokasi Waktu




Sumber/ Bahan/ Alat








3.2. Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an




3.2.1 Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia




Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia


















3.2.2 Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam




Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam









3.2.2 Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia




Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia






















































































_____________________________________________.



Guru Mapel _________________________________





LEMBAR KERJA -6.1


Þ Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6








Nomor Indikator





























Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan









Nama Strategi yang akan digunakan









Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan









Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning


























A




Þ Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja- 6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1





LEMBAR KERJA -6.2


Þ Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6








Nomor Indikator





























Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan









Nama Strategi yang akan digunakan









Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan









Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning


























A




Þ Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja- 6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1





LEMBAR KERJA -6.3


Þ Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6








Nomor Indikator





























Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan









Nama Strategi yang akan digunakan









Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan









Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning


























A




Þ Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja- 6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1





LEMBAR KERJA -7


Þ Tentukan bentuk dan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian masing-masing indikator. Untuk mempermudah menentukan bentuk dan jenis penilaian gunakan Lembar Kerja -7


Þ Bentuk dan jenis penilaian yang ditetapkan pada Lembar Kerja -7, disalin dan dicopy pada kolom lembar kerja -1








Nomor




Indikator




Aspek Kemampuan yang akan diukur




Bentuk dan Jenis Penilaian

















































































































































LEMBAR KERJA -8


Þ Menentukan alokasi waktu yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran per KD. Alokasi waktu yang telah ditentukan ditulis langsung pada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1


LEMBAR KERJA -9


Þ Sumber/bahan/alat yang telah ditentukan pada Lembar Kerja – 6, disalin dan dicopy ke dalam dalam Lembar Kerja -1

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?