Mohon tunggu...
Marlistya Citraningrum
Marlistya Citraningrum Mohon Tunggu... Lainnya - Pekerja Millennial

Biasa disapa Citra. Foto dan tulisannya emang agak serius sih ya. Semua foto yang digunakan adalah koleksi pribadi, kecuali bila disebutkan sumbernya. Akun Twitter dan Instagramnya di @mcitraningrum. Kontak: m.citraningrum@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Manfaatkan Fasilitas Online Check In!

27 Oktober 2011   01:33 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:27 7864
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kalau teman-teman sering bepergian dengan menggunakan pesawat dan tidak mau repot datang pagi dan mengantri untuk check-in, manfaatkanlah fasilitas online check-in yang disediakan di situs penerbangan dan bandara. Tapi tidak ngefek untuk di Indonesia sih *sigh.

Biasanya kita harus datang minimal 3 jam sebelumnya di bandara dan check-in secara manual di konter yang seringnya mengantri. Demi kemudahan dan kenyamanan penumpang, hampir semua maskapai penerbangan sekarang menyediakan fasilitas online check-in yang bisa digunakan 2x24 jam sebelum penerbangan. Dengan fasilitas ini, kita tinggal memasukkan data diri dan informasi penerbangan (nomor tiket, jam terbang, tujuan, dsb), memilih seat, lalu sudah. Di hari H kita tinggal mengantri di konter khusus yang bertuliskan "online check-in" atau "baggage drop" dan tinggal nge-drop tas. Boarding pass pun bisa di-print sendiri, jadi sangat menghemat waktu.

(contoh online check-in interface Cathay Pacific)

Jika tidak sempat online sebelum hari H, di banyak bandara juga sudah banyak disediakan "online check-in kiosk", dimana kita bisa check-in sendiri dan juga nantinya tinggal nge-drop tas. Beberapa maskapai yang sudah saya tes fasilitas "online check-in"-nya dan lancar adalah Cathay Pacific dan Eva Airways. Cathay Pacific bahkan menyediakan SMS reminder untuk mengingatkan jam berapa pesawat kita berangkat. Saya sedikit mengalami kesulitan untuk online check-in ketika menggunakan Thai Airways dan Japan Airlines (akhirnya untuk yang Japan Airlines saya harus manual check-in karena pesawat saya code-shared flight). Ada beberapa batasan yang dijelaskan  di web masing-masing maskapai penerbangan, jadi sempatkan untuk membaca dulu.

Nah, sayangnya fasilitas ini nggak ngefek kalau di Indonesia (berdasar pengalaman terakhir kembali ke Indonesia). Tahun lalu, bulan Desember, saya menggunakan maskapai Cathay Pacific dengan rute Taipei-Hongkong-Jakarta (PP) dan mulus lancar online-check in dua hari sebelumnya. Di hari H, saya datang sedikit mepet ke Taiwan Taoyuan International Airport,  langsung nge-drop bagasi, nunggu sebentar, boarding. Saya berpikiran positif dong, bahwa di Indonesia juga akan sama (Soekarno-Hatta International Airport, gitu!). Eh tapiiii, sudah online check-in di web, sudah memilih seat (tapi memang tidak saya print sendiri boarding pass-nya), sampai di konter, ternyata semua sama rata, tidak ada konter khusus "baggage drop". Mana tahu sendiri kalau mengantri, orangnya menunggu entah dimana, yang ngantri porternya. Grrrrrr. Jadilah saya waktu itu yang memang datang sedikit mepet (karena ada keperluan lain, bukan sengaja), harus buru-buru check-in (LAGI), plus lari-lari ke gate yang jauhnya minta ampun. Hadeeuuuu.

Sayang sekali karena bahkan Shongshan Airport di Taipei (yang notabene bandara khusus untuk city-to-city flight dan domestik - bukan internasional) yang ukuran dan kuota penumpangnya sedikit pun menyediakan konter online check-in.

Saya jadi pengen jalan-jalan lagi *loh =D

Selamat pagi,

-Citra

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun