Mohon tunggu...
Gaya Hidup

Surat Terbuka untuk Tokopedia Perihal Akun yang Tidak Bisa Mengikuti Promo Tokopedia

5 Juni 2017   07:51 Diperbarui: 5 Juni 2017   08:39 4902
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Dengan ini saya ingin menyampaikan surat terbuka untuk pihak Tokopedia.

Saya selaku pihak pembeli / customer, sudah melakukan transaksi di Tokopedia sejak sekitar tahun 2015 dan hingga saat ini tidak ada masalah berarti, dan saya senang bertransaksi di Tokopedia, selain seller nya cukup cepat merespon, dari pihak Tokopedia juga sering mengadakan promo.

Sampai saat ini, saya hanya memiliki 1 akun di Tokopedia sejak pertama dan juga nomor telepon yang sama, tidak pernah ada perubahan email / no telepon sejak pertama kali terdaftar di Tokopedia. Transaksi yang sering saya lakukan di Tokopedia, selain pembelian produk saya juga sering melakukan pembayaran tagihan / isi ulang pulsa dan tiket kereta.

Kronologinya adalah pada tgl 31 mei 2017, saya melakukan pembayaran tv kabel, pada transaksi tersebut rekening saya terdebet 2 kali, kemudian saya melapor ke bank dan tokopedia utk dikembalikan sisa pembayarannya, pada waktu itu juga sedang berlaku promosi cashback dimana konsumen akan mendapatkan cashback max 100rb untuk 1 kali transaksi setiap hari, kemudian saya juga bertanya kenapa cashbacknya tidak masuk.

Pada 01 Juni 2017, saya coba melakukan transaksi pembayaran tagihan listrik, dengan menggunakan promo PLN20, namun promo tersebut tidak dapat saya gunakan, dengan ada keterangan `Akun anda tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mengikuti promo ini`. Kemudian saya mencoba menghubungi CS tokopedia via twitter. pada tanggal 01 dan 02 juni 2017, sambil menunggu jawaban CS, saya membeli tiket kereta tetapi kode promo "Juni30" tidak dapat digunakan. karena mendesak maka saya tetap melakukan pembayaran.

Dan saya baru sadar ada balasan dari tokopedia melalui twitter setelah membayar tiket dan dijelaskan jika akun saya sudah tidak dapat menggunakan promo apapun, dikarenakan ada indikasi kecurangan.

Kemudian pada tanggal 03 juni 2017 saya mencoba menggunakan akun tokopedia istri saya untuk membayar tagihan listrik, tetapi akun istri ternyata juga mengalami hal yang serupa.

Karena saya merasa tidak pernah melakukan kecurangan / pelanggaran selama ini, tentu saya tidak terima dengan blokir yang dilakukan pihak Tokopedia. Apabila memang saya melakukan kecurangan, saya minta diinfokan detil kecurangannya seperti apa? di transaksi yang mana? karena saya selalu menggunakan promo sesuai ketentuan yang ada, dan setau saya kalau tidak sesuai ketentuan, promo tersebut juga tidak bisa digunakan, bagaimana saya bisa berlaku curang.

Dengan surat terbuka ini, saya meminta pihak Tokopedia menjelaskan secara DETAIL kecurangan apa yang saya lakukan?

Apabila memang saya melakukan kecurangan, saya tidak keberatan untuk di blokir, namun saya sama sekali tidak merasa melakukan kecurangan, bisa dicek dari semua transaksi yang saya lakukan selama ini.

terima kasih

wisnu p.w

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun