Anep Paoji
Anep Paoji wiraswasta

Anep Paoji, saya tinggal di kota kecil indah dan bersahabat.

Selanjutnya

Tutup

pilihan

Menikmati Jaringan XL 4G LTE Non Stop 24 Jam

9 Agustus 2017   18:54 Diperbarui: 20 Agustus 2017   13:42 255 1 0
Menikmati Jaringan XL 4G LTE Non Stop 24 Jam
Kartu perdana XL 4G dan leaflet harga paket data (foto: dok pribadi)

Setiap tahun XL Axiata menggelar lomba menulis dengan tema terkait penggunaan XL baik kualitas jaringan maupun layananan. Tahun 2017 inipun saya tak melewatkannya, mengikuti lomba menulis yang diadakan XL bekerjasama dengan Kompasaiana.com tersebut.

Untuk ikut serta dalam lomba menulis ini saya mengadakan beberapa persiapan kecil. Mengumpulkan data di internet juga langsung mendatangi XL Center di kota tempat tinggal saya, Kota Tasikmalaya. Selain mencari informasi terkait layanan XL, saya bermaksud minta izin pada customer service XL Center untuk mengambil beberapa foto.

Sebelum diizinkan ambil foto, customer service menyarankan saya membuat kartu XL terlebih dahulu. "Supaya bapak merasakan bagaimana kualitas XL 4G LTE, sekalian untuk bahan menulis," ungkap salah seorang customer service.

Karena saat itu tidak bawa uang, saya tidak membuat. Dua hari berikutnya saya kembali ke XL Center dan langsung membuat kartu perdana dan isi paket data. Selama ini saya terbiasa menggunakan kartu XL, hanya saja untuk sekali pakai. Jika data habis kartu dibuang dan diganti dengan kartu yang baru. Kartu perdana mudah dibeli di konter-kenter pulsa yang tersedia di berbagai gang.

Jika beli kartu perdana XL di konter-konter, kita terima jadi entah atas nama siapa yang diregistrasikan. Sedangkan di XL Center, kartu perdana diregistrasi atas nama kita sendiri dengan data sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal ini tentu saja lebih aman, juga sesuai dengan peraturan pemerintah.

Sedikitnya ada 5 daftar paket data yang terpampang berserta harga yang berbeda, sebagai berikut :

  • Paket data 6GB (2GB di 2G,3G,4G) dan 4GB  (4G), bonus ekstra 20 menit menelpon ke semua operator dengan harga Rp59.000.
  • Paket data 12 GB (4GB di jaringan 2G,3G,4G dan 8GB di jaringan 4G), bonus extra menelpon 40 menit ke semua operator harga Rp89.000.
  • Paket data 18 GB (di jaringan 2G,3G,4G dan 12 GB di jaringan 4G) plus bonus ektra menelpon selama 60 menit ke semua operator seharga Rp129.000
  • Paket data 30 GB (10 GB di jaringan 2G,3G,4G dan 20 GB di 4G) plus bonus menelpon selama 100 menit ke semue operator, harga Rp179.000
  • Paket data 42GB (14 GB di jaringan 2G,3G,4G dan 28 GB di jaringan 4G) plus ekstra menelpon 140 meneit ke semua operator. Harga Rp239.000.

Saya mengambil paket data 12 GB (4GB di jaringan 2G,3G,4G dan 8GB di jaringan 4G), bonus extra menelpon 40 menit seharga Rp89.000. Kartu XL pun selesai diregistrasi dan langsung bayar. Dengan bekal paket data 12 GB, saya bisa lama menikmati internet, apalagi dengan jaringan 4GLTE, akses lebih cepat dan stabil.

Aplikasi MyXL (sacreen shoot pribadi)
Aplikasi MyXL (sacreen shoot pribadi)

Informasi data yang digunakan serta sisa data XL 4G pada MyXL (screen shot pribadi)
Informasi data yang digunakan serta sisa data XL 4G pada MyXL (screen shot pribadi)
Yang menarik dari paket yang ditawarkan data XL, tidak terlalu banyak nama dan varian paket, baik saat aktivasi di hanphone maupun pada MyXL. Satu paket data meliputi keseluruhan jenis koneksi, termasuk video streaming, buka media sosial, aplaud maupun download. Paket datapun non stop 24 jam, tidak hanya berlaku pada jamjam tertentu. Kalupun ada paket data yang lebih spesifik, jumlahnya jauh lebih sedikit dengan jenis paket data dari kompetitor. Dengan tawaran seperti ini pelanggan tidak merasa terjebak dengan harga dan nama paket yang "bersayap dan bersyarat" meskipun pertama kali berlangganan.

Hal menarik lainnya, kita dapat mengkontrol penggunaan data XL pada aplikasi MyXL. Caranya buka MyXL di dekstop atau di android, lalu masukkan nomor telpon XL dan pasword yang telah dibuat. Dari MyXL juga kita dapat belanja paket data yang sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari.

Untuk mengetahui kecepatan koneksi XL4GLTE yang saya agunakan, lalu saya mengeceknya dengan sebuah applikasi bernama Testmy.net di dekstop. Meskipun aplikasi free, setidaknya akan memberi gembaran berapa jauh kecepatan XL yang saya gunakan tersebut.

Sepeed Test koneksi XL 4G (screen shot pribadi)
Sepeed Test koneksi XL 4G (screen shot pribadi)
Kecepatan download pada speed tes (screen shot pribadi)
Kecepatan download pada speed tes (screen shot pribadi)
Hasil speed test XL aplaud dan download (dok pribadi)
Hasil speed test XL aplaud dan download (dok pribadi)
Hasil speed test pada jam 22:50 WIB, Selasa (8/8/2017) menunjukkan, kecepatan download mencapai 19.3 Mbp sedangkan kecepatan upload 8.3 Mbps. Hasil speed test juga menggambarkan, kecepatan akses minimum 14.58 Mbps, middle 20.75 Mbps dan maximum 24.22 Mbps pada jam yang sama. Perubahan kecepatan maximum ke medium juga nampak tidak terlalu jauh. Artiny akses yang sedang digunakan cukup stabil dan relatif besar.

Sayapun merasakan sensasi lebih "Hidup Serba Update Bersama XL". Harga terjangkau, koneksi cepat dan stabil.


THREAD MYXL FORUM DI SINI