Kesehatan

Terapi Parafin Bath pada Osteoartritis di Tangan

21 Maret 2017   11:31 Diperbarui: 21 Maret 2017   12:03 12 0 0
  • Definisi

Parafin adalah zat benar-benar aman, dermatologis berbahaya yang tidak akan menyumbat pori-pori. Sementara banyak disebut "natural" minyak sebenarnya umum alergen dan dapat mengiritasi kulit, minyak yang digunakan dalam parafin adalah salah satu yang paling aman agen pelembab yang digunakan dalam industri kosmetik. Karena ukuran besar molekul, parafin tetap di permukaan kulit dan menyediakan penghalang antara kulit dan udara, penyegelan pada krim hydrating dan sirkulasi meningkat panas dan menanamkan kulit dengan kelembaban alami sendiri.

Osteoarthritis tangan adalah penyebab paling umum sakit di tangan sendi dan dapat menyebabkan hilangnya fungsi, serta rasa sakit, bengkak, kekakuan, dan deformitas pada sendi yang terkena. tangan osteoarthritis terutama mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua dan wanita menopause, dengan studi berbasis populasi melaporkan bahwa prevalensi ini adalah 30% untuk 52%. klinis, osteoarthritis tangan dapat diklasifikasikan sebagai nodular, jempol berbasis, umum, atau erosif. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi pengembangan osteoarthritis tangan adalah umur, lokasi bersama, predisposisi genetik, kelainan bentuk sendi, hipermobilitas sendi, obesitas, trauma, dan seks.

  • Efek Penggunaan Parafin Pada Osteoarthritis Tangan

Terapi parafin bath mengurangi rasa sakit dan nyeri  dan meringankan rasa sakit dan kekakuan dimensi berdasarkan AUSCAN pada pasien dengan osteoarthritis tangan pada 12 minggu, tetapi tidak berpengaruh signifikan secara statistik pada fungsi. panas lokal aplikasi yang sering digunakan dalam terapi untuk osteoarthritis tangan dan sering dikombinasikan dengan perawatan lain.

Terapi mandi Parafin memiliki efek lokal santai serat otot polos di arteriol, yang pada gilirannya menghasilkan vasodilatasi dari darah perifer kapal. Ini menghasilkan hiperemia, peningkatan transduksi jaringan fluida, peningkatan aliran getah bening, dan penyerapan eksudat. Efek terapi yang berasal dari tanggapan fisiologis menghilangkan rasa sakit, pengurangan kejang otot, dan meningkatkan metabolism. Sebuah studi percontohan dari penggunaan terapi parafin mandi di pasien dengan sklerosis sistemik menunjukkan bahwa latihan tangan di kombinasi dengan mandi parafin tampaknya meningkatkan mobilitas, dirasakan kekakuan, dan elastisitas kulit. Selain itu, meskipun gejala osteoarthritis tangan yang tidak separah di sistemik sclerosis, pada penyelesaian parafin terapi mandi dalam penelitian kami, kami mengamati peningkatan yang signifikan mengenai mendapatkan kembali gerak, pengurangan nyeri, dan kelembutan tangan sendi. Hilangnya ROM di tangan kiri pada kedua kelompok adalah kurang dari di tangan kanan. Hal ini dapat dikaitkan dengan dominansi tangan. Di umum, tangan kanan digunakan lebih dari kiri, dan ini dapat sana- kedepan menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan kehilangan ROM di tangan kanan. Demikian pula,

Dellhag et al melaporkan bahwa kombinasi mandi parafin terapi dan latihan lebih efektif daripada latihan sendiri untuk mengobati rheumatoid arthritis. Mereka menemukan peningkatan yang lebih baik dari fungsi grip dan ROM dalam kelompok menjalani mandi parafin Terapi diikuti oleh latihan tangan aktif, tapi lilin parafin saja tidak berpengaruh signifikan. Hilangnya fungsi dan kehilangan kekuatan di rheumatoid arthritis yang lebih menonjol daripada di osteoar- thritis.

  • Manfaat Parafin

Manfaat fisiologis parafin cukup banyak. Ketika panas diterapkan, pembuluh darah berkembang, membawa sirkulasi lebih ke daerah yang terkena, meningkatkan nutrisi penyembuhan dan oksigen pada tingkat sel dan menghapus produk limbah yang menyebabkan peradangan dan kekakuan. A sementara peningkatan ambang nyeri, penurunan kejang otot, dan peningkatan fleksibilitas terjadi, secara signifikan diuntungkan hasil berbagai terapi gerak (ROM) latihan. Panas topikal juga menghasilkan peningkatan kelenturan kulit. Parafin hangat dapat memfasilitasi semua panas- ini terkait manfaat dan sering diresepkan dalam fase pasca-inflamasi cedera dan untuk kondisi nyeri kronis seperti arthritis.

Manfaat lain dari parafin hangat adalah efeknya pada kulit. Sementara bentuk lain dari terapi panas - terutama hidroterapi - dapat mengeringkan kulit luar, daun paraffin kulit terhidrasi, lembut, dan lentur. Parafin meremajakan kulit dalam dua cara: melalui peningkatan sirkulasi dan moisturization topikal. Sebagai memper- tinggi panas aliran darah ke kapiler kecil di kulit, keringat dari kelenjar ekrin (yang terbuka di permukaan kulit) dan sebum dari kelenjar sebaceous (yang membuka ke dalam folikel rambut di permukaan kulit) meningkat, pembilasan kotoran dan debu dari pori-pori untuk memberikan kulit yang sehat berseri-cari. Selain itu, peningkatan aliran darah membawa nutrisi bermanfaat bagi kulit. Dipasangkan dengan kulit yang efektif pelembab, itu tidak mengherankan bahwa parafin memiliki efek dramatis seperti pada kulit. Mereka yang prihatin tentang kulit sensitif dapat yakin mengetahui bahwa Therabath ® PRO ® parafin merek food grade adalah sangat inert, substansi dermatologis berbahaya yang tidak akan menyumbat pori-pori.

  • Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Osteoarthritis Tangan Menggunakan Paraffin Bath

Terapi parafin mandi diterapkan oleh perendaman atau Metode mencelupkan, dengan yang terakhir menjadi lebih mudah dan lebih umum. Dalam penelitian kami, kami menggunakan mencelupkan: kedua tangan perlahan dicelupkan 10 kali menjadi 50 C lilin mandi, dan kemudian dibungkus dalam kantong plastik dan kemudian handuk selama 15 menit.


Sumber: Dilek Banu, Dkk (2013). Efficacy Of Paraffin Bath Therapy In Hand Osteoarthritis: A Single-Blinded Randomized Controlled Trial. Home Page Www.Archives-Pmr.Org Archives Of Physical Medicine And Rehabilitation 2013;94:642-9. Diakses 21 Maret 2017 Pukul09.00