Tips Menulis ala Orang Awam

09 Juni 2012 07:44:22 Dibaca :



Adanya internet sedikit banyak telah menjadi lahan yang subur untuk berlatih menulis. Melalui jejaring sosial, blog, dan lainnya geliat menulis begitu terasa gairahnya. Kalau dulu mungkin jumlah penulis hanya sedikit, tapi di era teknologi informasi ini jumlah penulis kemungkinan membludak. Ini semua karena orang-siapapun dia-baik penulis berpengalaman maupun orang awam sekalipun, tengah dimanjakan oleh beragam bacaan (informasi) yang sangat mudah didapat, sekaligus diberi media untuk menulis yang juga sangat mudah dilakukan (jejaring sosial, blog, dan lainnya). Itu semua masih ditambah dengan dukungan penerbitan indie yang juga sedang marak. Al hasil lengkap sudah teknologi memanjakan orang-siapapun dia- untuk menulis dan menghasilkan karya (dalam bentuk buku misalnya).


Dengan kemudahan tersebut di atas, maka banyak orang yang tadinya awam dalam tulis menulis, menjadi bergiat untuk berlatih kemudian keterusan menjadi penulis. Tidak sedikit dari mereka yang telah berhasil menjadi penulis dalam arti mampu menulis terus menerus dan menghasilkan karya yang disukai pembacanya.


Di bawah ini ada beberapa ciri yang dimiliki oleh orang awam dalam menulis, dan juga bisa menjadi tips menulis, tentunya ala orang awam :


1. Memiliki semangat belajar menulis yang tinggi


Orang yang masih baru dalam menulis, biasanya memiliki rasa penasaran tentang tips menulis. Selanjutnya mendorongnya untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya tentang menulis. Motivasinya biasanya sangat tinggi yang membuatnya produktif dalam menulis.



2. Mau belajar pada siapapun


Orang yang belum lama menulis, biasanya mau belajar pada siapapun. Dia merasa membutuhkan orang lain sebagai patner dalam diskusi seputar tulis menulis.



3. Belajar sambil praktek menulis


Meski awalnya mungkin malu-malu, orang yang baru mulai menulis biasanya akan rajin membuat tulisan dan menunjukkannya pada orang lain. Dia rajin menulis sekaligus rajin membaca untuk mendukung tulisannya.



4. Tidak dipusingkan oleh aturan baku


Kosa kata yang dimiliki mungkin masih minim, tapi tidak menghalanginya untuk terus menulis. Aturan baku akan dipelajarinya kemudian, sambil jalan.



5. Mulai mencari jati diri dalam menulis


Jika telah lama menulis, dia akan mulai mencari jati diri dalam menulis. Bagaimana menulis yang benar (EYD, KBBI, dan seterusnya). Juga mulai membandingkan diri dengan penulis yang menjadi idolanya.



Mari terus menulis, karena orang awam pun bisa menulis!


Salam Kompasiana!




Agus Pribadi

/aguspribadi1978

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Mencoba menghayati kehidupan dan menuliskannya dalam cerita-cerita sederhana. Kunjungi juga tulisan saya di http://aguspribadi1978.blogspot.com

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?