Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Tips dan Trik Tes Wawancara dan LGD LPDP

7 Agustus 2018   19:41 Diperbarui: 7 Agustus 2018   19:47 8352 1 0 Mohon Tunggu...
Tips dan Trik Tes Wawancara dan LGD LPDP
(tribunnews.com)

Assalamu Alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,

CONGRATULATION!!! Buat rekan-rekan semua yang telah lolos tahapan seleksi Administrasi dan TPA berbasis computer. Nah, selanjutnya kalian harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tahap selanjutnya, yang sebagian orang ngomong kalo tahap ini adalah tahap penentuan dan bobot nilai yang paling tinggi. Makanya saya akan mencoba memberikan gambaran tentang seleksi selanjutnya. Semoga ini bisa membantu teman teman semua.

Seleksi selanjutnya khan akan ada Leaderless Group Discussiion (LGD) dan wawancara bersama interviewer handal di bidangnya masing-masing. Saya akan mencoba memaparkan bagaimana sih menghadapi tes wawancara LPDP itu dan selanjutnya gimana menaklukkan tes LGD di LPDP

TAHAP WAWANCRA

Proses wawancara ini merupakan proses seleksi yang paling menentukan buat kalian. Seleksi ini biasanya dilaksanakan di Aula besar yang di dalamnya akan  ada beberapa teman seperjuanganmu yang juga berjuang mengikuti seleksi wawancara, jadi jangan bayangkan dong klo seleksi wawancara ini di laksanakan dalam bilik-bilik kelas, sehingga yang ada dalam ruangan itu hanya ada kamu dan interviewer ( itu sih pengalaman saat di Makassar kemarin ). Akan ada 6-10 meja untuk wawancara dalam Aula itu.

Wawancara dengan para Interviewer handal pilihan dari LPDP itu memang merupakan saat-saat yang paling penting kalian taklukkan disini, karena bobot nilai untuk wawancara itu sangatlah tinggi. Kalian akan berhadapan dengan tiga orang interviewer yang hampir pasti kamu tidak kenal mereka. 

Tiga orang interviewer ini biasanya adalah dua orang ahli di bidang keilmuwan kita, dan satunya lagi adalah seorang psikolog yang akan "mengkutui" cara berbicara kamu dan cara menjelaskan sesuatu yang ditanyakan oleh ahli tadi, its mean sikap dan sopan santun kalian sebagai calon awardee lpdp ini sangat diperhatikan.

Oh iya, untuk proses seleksi wawancara ini, biasanya pihak LPDP tidak mengharuskan untuk memakai pakaian dengan warna tertentu (tapi ga tau yah kalo ada peraturan baru lagi dari LPDP), So,  pakailah pakaian yang terbaik dan ternyaman versi dirimu, supaya kamu merasa santai dan releks mengdapai tes ini, namun point pentingnya adalah tetap dalam batas pakaian yang sopan yah. Memakai kemeja, celana berbahan kain (jika perlu) dan sepatu, dan jangan lupa pakai kaos kaki yah. Hehehe

Saat saat proses wawancara tidak lama lagi telah tiba,  kamu sudah ngantri tuh di depan ruangan tempat wawancara, sy yakin kamu akan merasa deg degan. Apa lagi melihat teman temanmu keluar dari ruangan dengan berbagai ekpresi, ada yang senyum lah, ada yang muka murung lah, ada yang matanya berkaca-kaca bahkan ada yang sampai nangis loh (biasanya cewek nih yang kek gini).

Nah, kamu jangan terpengaruh dengan itu, berusalah tenangkan dirimu sendiri, jika kamu seorang muslim yah mencobalah berdzikir atau membaca potongan-potongan ayat Alquran. Kebiasaan kita nih khan kalo teman habis wawancara atau OSCE misalnya, langsung tuh di tanyain tadi soalnya apa, tadi tuh ditanyain apa dsb.

Saya saranin sih untuk tes wawancara LPDP ini dan tidak lama lagi dirimu akan di wawancarai juga, bukan saatnya lagi untuk bertanya seperti itu, biarkanlah temanmu menenangkan dirinya sendiri dan kamu menenangkan dirimu juga sendiri. Persiapkanlah dirimu saebaik mungkin. Yang paling penting adalah tenangkan dirimu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN