Mohon tunggu...
Zulfah Alifah Ashab
Zulfah Alifah Ashab Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

KKN-T UPI Kelompok 186

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UPI 2022 Menghidupkan Kembali Aset Nagari Pitalah yang Terlupakan

18 Agustus 2022   14:51 Diperbarui: 18 Agustus 2022   15:12 57 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tampilan baru tugu selamat datang di Nagari Pitalah/Dokumentasi pribadi

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada semester genap tahun akademik 2021/2022 melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDGs Desa dan MBKM-Puspresnas Kemendikbud dengan tema Partisipasi Mahasiswa dalam Menguatkan dan Meningkatkan Program SDGs Desa dan Rekognisi MBKM-Puspresnas Kemendikbud pada tanggal 11 Juli - 10 Agustus 2022. KKN UPI pada kali ini masih dilaksanakan secara hybrid yang tersebar di seluruh tempat tinggal mahasiswa peserta KKN UPI 2022, dengan harapan dapat membangun kerjasama dengan mitra-mitra tempat penyelenggaraan KKN UPI 2022.

KKN UPI Kelompok 186 bersama Wali Nagari dan Sekertaris Nagari Pitalah/Dokumentasi pribadi
KKN UPI Kelompok 186 bersama Wali Nagari dan Sekertaris Nagari Pitalah/Dokumentasi pribadi

Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 yang bertempat tinggal mayoritas di Sumatera Barat membentuk kelompok kecil dan memilih lokasi KKN di Nagari Pitalah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar setelah melakukan survei. Saat memasuki lokasi Nagari Pitalah, Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 melihat ada sebuah Tugu yang tertutupi tanaman juga lokasinya sedikit menjorok ke dalam serta tulisannya tidak bisa di baca dan juga tidak berwarna. Hal itu cukup tidak menarik perhatian para pelintas, sehingga tidak di sadari keberadaannya.

Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 saat ada pemuda setempat, menjadi sebuah kesempatan untuk bertanya-tanya tugu apakah itu. Namun, mereka juga kebingungan dan tak mengetahui. Seiring waktu sering melintasi Tugu, Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 berhenti untuk melihat secara dekat Tugu tersebut, ternyata Tugu tersebut ialah Tugu Selamat Datang di Nagari Pitalah. Hal ini menarik perhatian Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 untuk menghidupkan kembali Tugu Selamat Datang di Nagari Pitalah sebagai Aset Nagari. Sesuai dengan program SDGs Desa Tanggap Budaya, Kelembagaan Desa Dinamis yaitu pada target Aset Desa/Kelurahan. 

Pada hari Sabtu (06/08/2022), Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 melakukan survei kembali untuk merancang perbaikan penghidupan Tugu. Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 berkoordinasi dengan Sekertari Nagari Pitalah terkait izin pemulihan aset desa, dalam perbincangan ternyata pihak Pemerintahan Nagari Pitalah sudah lupa bahwa memiliki Aset berupa Tugu Selamat Datang. Diketahui Tugu Selamat Datang tersebut sudah lama didirikan, masa-masa sistem desa. 

Proses penyemenan tugu/Dokumentasi pribadi
Proses penyemenan tugu/Dokumentasi pribadi
Proses pengecatan dan penulisan/Dokumentasi pribadi
Proses pengecatan dan penulisan/Dokumentasi pribadi

Jumat (07/08/2022), Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 mulai memperbaiki tampilan tugu dengan menyemen ulang. Selain itu, menyiapkan cetakan tulisan untuk persiapan pengecatan esok hari. Keesokan harinya ketika semen sudah kering, Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 mengecat keseluruhan Tugu dan mencetak tulisan yang dapat terbaca dari kejauhan, dengan nuansa merah putih menyambut hari kemerdekaan.

Dengan di hidupkan kembali Tugu Selamat Datang, Mahasiswa KKN UPI Kelompok 186 berharap pelintas dapat mengetahui sudah memasuki daerah Nagari Pitalah dan Aset Nagari tidak terlupakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan