Mohon tunggu...
Zulfa Aulia Nurfaiza
Zulfa Aulia Nurfaiza Mohon Tunggu... Level Pemula

Daripada mumet dan bikin pusing pikiran, aku memilih menuliskan di sini. Sharing is caring, right? Stay safe, stay healthy❤️✨

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Jadi Manusia Super, Hard Skill dan Soft Skill Seimbang!

26 September 2020   23:20 Diperbarui: 27 September 2020   05:17 335 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jadi Manusia Super, Hard Skill dan Soft Skill Seimbang!
pexels.com

Mengenal Hard skill dan Soft skill

Kemampuan, atau dalam bahasa kerennya adalah skill secara tradisional sering mengacu pada kemampuan teknis yang dimiliki seorang individu seperti kemampuan mengoperasikan suatu alat, mengolah data, memiliki pemahaman akan pengetahuan tertentu yang memang sengaja dibentuk dan didapatkan ketika dalam masa pendidikan formal.

Hard skill bersifat terkonstruk dengan kurikulum yang berjalan pada suatu masa dalam lingkungan pendidikan. Sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Random House Dictionary, yakni kemampuan yang berasal dari pengetahuan, kemampuan praktis atau kecerdasan untuk melakukan sesuatu dengan baik yang terbentu karena adanya latihan atau asahan secara terorganisir.

Soft skills merupakan keterampilan dan kecakapan hidup baik untuk sendiri, berkelompok, atau bermasyarakat serta dengan Sang Pencipta. Dengan memiliki soft skills membuat keberadaan seseorang akan semakin terasa nyata di tengah lingkungan kehidupan bermasyarakat. 

Keterampilan atau juga disebut dengan kecakapan yang beragam seperti komunikasi, keterampilan emosional, keterampilan berbahasa, keterampilan kepemimpinan, berkelompok, termasuk di dalamnya terdapat nilai etika dan moral, kesantunan serta spiritual.

Seseorang sering mengingatkan saya akhir-akhir ini tentang pentingnya kita menyeimbangkan antara pendidikan atau kemampuan akademis dengan soft skill yang ada pada diri kita masing-masing.

Tiap dari diri kita ini telah dianugerahi sebuah kemampuan yang unik dan tentunya akan bermanfaat jika dikembangkan dengan benar. Khasiat atau kemujaraban soft skill yang terasah dengan maksimal mungkin belum bisa dirasakan ketika masih dalam masa sekolah, tapi nanti hasil akan kita tuai di kemudian hari semisal terjun dalam suatu profesi yang kita geluti.

Semua manusia pasti punya soft skill

Perihal bakat yang sudah merupakan takdir manusia memilikinya dan tidak akan ada ujungnya jika disebutkan satu per satu. Fakta lapangan yang sering ditemukan bahwa masa remaja adalah masa dimana seseorang sedang puncak-puncaknya untuk mencari jati diri.

Bisa dikatakan bahwa dalam proses pencarian jati diri tersebut akan menemukan hal-hal baru yang ternyata kita miliki dan baru kita sadari. Termasuk di dalamnya, soft skill sering kali muncul dan akhirya ditemukan ketika seseorang sedang dalam masa pencarian jati diri tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x