Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Wiraswasta - Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Marques Bolden, Pemain Naturalisasi Indonesia yang Berlaga di NBA Summer League 2021

10 Agustus 2021   13:53 Diperbarui: 13 Agustus 2021   05:02 2370 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Marques Bolden, pemain naturalisasi yang akan bergabung dengan Tim Nasional Basket Indonesia. Sumber: iblindonesia via KompasTV

Tim nasional bola basket Indonesia menambah kekuatan menjelang FIBA ASIA CUP dan FIBA WORLD CUP. Pemain berpaspor asli Indonesia telah dipilih yang terbaik dari terbaik untuk menjadi skuad inti. Namun, para pemain lokal ini masih dirasa kurang untuk bisa bersaing dikancah Internasional.

Saat ini liga bola basket professional Indonesia semakin berkembang. Salah satu buktinya ialah semakin banyak tim baru yang berminat untuk berlaga dikancah nasional. 

Dengan semakin banyaknya tim profesional yang berlaga, turut membuka kesempatan bagi para putra bangsa untuk mendapat kesempatan menjadi pemain profesional yang dapat berlaga. Sehingga akan semakin banyak pula bibit pemain yang akan menunjukkan kelebihannya di ajang professional. 

Regulasi penggunaan pemain naturalisasi dalam tim nasional.

FIBA sebagai induk olahraga basket dunia memperbolehkan setiap negara menggunakan pemain naturalisasi. Namun, setiap negara hanya diperbolehkan menggunakan satu jasa pemain naturalisasi dalam timnya. 

Sisanya diwajibkan ialah pemain lokal, atau dalam regulasi lain disebutkan pemain yang telah mendapat paspor suatu negara sebelum usia 16 tahun akan dianggap sebagai pemain lokal. 

Marques Bolden naturalisasi teranyar yang sempat bermain di tim NBA

Nama Marques Bolden dirasa sangat mengagetkan untuk menjadi pemain naturalisasi tim nasional Indonesia. Pemain ini dirasa sangat mumpuni, selain faktor usia yang masih belia sehingga dapat bermain dalam jangka waktu yang panjang, Bolden juga merupakan pemain NBA (National Basketball League) yang merupakan kiblat dari olahraga basket seluruh dunia. Sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Meski pemain ini baru merasakan kompetitifnya NBA pada musim 2019 namun kehebatan pemain ini sudah sangat nampak terlihat. Pemain yang bermain bersama tim Cleveland Cavaliers di NBA dan Cleveland Charge di G-League ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk mengisi kebutuhan pemain tinggi dalam tim nasional. 

Seorang centre murni

Photo by Garrett Ellwood/NBAE via Getty Images
Photo by Garrett Ellwood/NBAE via Getty Images

Marques Bolden merupakan pemain yang sudah sangat dikenal sejak masih dibangku SMA. Pemain ini setidaknya pernah menjadi pemain terbaik sewaktu SMA di negara bagian Texas, Amerika. 

Setelah bermain di masa SMA, pemain yang memiliki tinggi 208 cm ini bermain untuk Duke University. Kampus yang dikenal memiliki rekor sangat baik dalam kancah bola basket dan juga kampus dari para pemain ternama seperti RJ Barret, Zion Williamson, Jayson Tatum dan Kyrie Irving. 

Bolden dikenal sebagai centre murni, sehingga pemain ini lebih dominan bermain di paint area lawan. Pemain yang dikenal sangat eksplosif saat bertahan ini merupakan salah satu raja blok dan rebound dari masa sekolah, kuliah dan bahkan saat bersama Cleveland Charge di G-League. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan