Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

4 Hal yang Harus Diutamakan dalam Membuat Konten Bersponsor

5 Maret 2021   23:22 Diperbarui: 5 Maret 2021   23:28 88 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Hal yang Harus Diutamakan dalam Membuat Konten Bersponsor
Sponsored Content. Source: https://blog.markgrowth.com/

Konten bersponsor merupakan konten yang umumnya dibuat dalam bentuk artikel untuk mempromosikan suatu merek atau produk. Hadirnya konten bersponsor guna menjabarkan lebih dalam mengenai kelebihan dari sebuah merek atau produk agar mendapat atensi konsumen yang lebih besar lagi. Konten bersponsor dapat ditemui diberbagai media yang telah memiliki pembaca yang loyal.

Tidak dipungkiri jika saat ini konten telah dianggap sebagai raja. Konten visual lebih diminati dibanding sebuah konten tulisan. Namun, masih banyak yang menggunakan konten bersponsor dalam bentuk tulisan sebagai salah satu cara promosi yang dilakukan. Konten bersponsor bertujuan agar konsumen mendapat penjelasan serta informasi yang lebih lengkap.

Munculnya konten bersponsor dalam sebuah situs

Konten bersponsor umumnya menyatu dengan konten artikel lain dalam sebuah situs. Namun agar tampak berbeda, penyematan tulisan "konten bersponsor" di dalam tampilan konten. Tujuannya ialah agar pembaca tetap mengetahui jika konten tersebut merupakan sebuah konten yang mengandung promosi. 

Membuat sebuah konten bersponsor dalam bentuk artikel memiliki cara yang sedikit berbeda dengan membuat artikel pada umumnya. Berikut unsur penting yang kerap disematkan dalam sebuah artikel konten bersponsor.

Fokus pada suatu produk

Konten bersponsor harus menawarkan sebuah merek atau produk. Mengetahui merek dan produk baik jasa atau barang akan memudahkan sang penulis dalam membuat tulisan yang dipromosikan. Sebuah merek atau produk umumnya telah menjalin kerjasama sebelum dibuatkan sebuah konten bersponsor. Layaknya sebuah iklan, konten bersponsor wajib meyematkan visual agar lebih menarik pembaca.

Menyajikan informasi yang lengkap

Sebagaimana mempromosikan sebuah produk, konten bersponsor umumnya menyediakan sebuah artikel yang detail. Informasi detail yang disajikan wajib menjawab kebutuhan akan konsumen serta menampilkan kelebihan sebuah merek atau produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Kata kunci yang bisa mengarahkan konsumen ke suatu produk

Konten bersponsor pun turut mempertimbangkan SEO. Kata kunci apa yang digunakan akan digunakan penulis untuk menjadi fokus dalam tulisannya.  Selain itu, kata kunci akan mendorong mesin pencarian untuk mempertemukan konsumen yang mencari sebuah produk dengan konten artikel yang telah dibuat. 

Tambahkan link tautan mengarah ke suatu produk

Dalam melihat efektifitas sebuah konten bersponsor umumnya menyematkan tautan ke sebuah situs dari produk atau merek yang dipromosikan. Dengan memberikan tautan dapat dilihat efektifitas apakah banyak traffic yang datang dari konten bersponsor tersebut atau tidak. Sehingga, si pemilik merek atau produk tahu apakah investasi iklan yang mereka berikan sepadan dengan ekspektasi pengunjung yang mereka targetkan.

Konten bersponsor merupakan bagian dari iklan yang dapat ditawarkan kepada merek atau produk pada suatu media. Hadirnya konten berpsonsor dapat menjadi salah satu opsi yang dapat ditawarkan selain iklan-iklan seperti banner. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x