Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Writer and lecturer

Menulis mengenai pemasaran, startup, digital marketing, olahraga bola basket, dan traveling . kontak z.chaeril@gmail.com blog: https://zulcarc.wixsite.com/journeytime

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

7 Strategi Berjualan di Situs Jual-Beli Secara Daring

24 November 2020   17:56 Diperbarui: 28 November 2020   11:00 331 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Strategi Berjualan di Situs Jual-Beli Secara Daring
source: echannelhub.com

Geliat berjualan menggunakan situs jual-beli (red:marketplace) kian meningkat. Dengan penggunaan yang semakin mudah, penyedia layanan jual-beli berbasis daring semakin membantu para penjual mendapat keuntungan lebih.

Dunia daring yang dimanfaatkan untuk berjualan tidak lepas hanya memanfaatkan media daring sebagai sarana berjualan saja, tapi juga harus mengikuti perkembangan teknik berjualan secara berkesinambungan agar tetap dapat bersaing.

Berjualan secara daring tidak hanya cukup menyematkan barang dagangan di situs-situs jual-beli daring saja, tapi lebih dari itu para penjual harus cukup lihai untuk bisa membuat barang jualannya diminati oleh para konsumen. 

Manfaatkan jaringan penjualan di semua situs jual-beli 

Tidak hanya mendaftarkan di satu jaringan situs jual-beli saja, tapi juga memanfaatkan sebanyak mungkin jaringan yang ada. Secara mudah, sebelum adanya dunia daring pemasar akan menempatkan sebanyak mungkin produk mereka di toko-toko yang ada dengan tujuan memudahkan konsumen mendapatkan produknya. Sama halnya dengan penjual online, semakin banyak situs yang digunakan maka semakin tinggi juga jangkauan konsumen yang dapat dicapai.

Strategi Channeling ini mampu membangun rantai penjualan produk anda. Semakin banyak Channel yang digunakan maka akan semakin dekat pula produk-produk anda dengan target konsumen. Manfaatkan setiap marketplace yang anda gunakan sebagai channel penjualan, maka sesungguhnya anda telah memiliki cabang toko yang telah tersebar dimana-mana. 

Meskipun rasanya sama-sama berada di channel daring, namun sebenarnya setiap situs jual-beli daring mengincar target konsumen yang berbeda. Dengan persaingan antar tiap situs, menguntungkan para penjual didalamnya yang juga dapat menemui konsumen yang sesuai dengan target yang dituju oleh penyedia situs. 

Perhatikan gambar, deskripsi produk dan penamaan judul produk anda

Membangun kepercayaan terhadap konsumen melalui media daring bisa dibilang gampang-gampang susah. Konsumen akan melihat tampilan toko yang penjual sajikan kepada mereka, mulai dari tampilan gambar yang ditampilkan, kelengkapan dan kejelasan deskripsi produk dan penamaan judul untuk memudahkan konsumen dalam mencari produk yang dibutuhkannya.

Tampilan visual yang menarik ialah salah satu faktor yang dapat meyakinkan konsumen. Tampilan visual juga dapat meyakinkan bahwa produk yang dijual memenuhi ekspektasi pembeli. Namun, jika tidak menyematkan visual yang menarik kesempatan konsumen mencari di toko yang menampilkan visual yang lebih baik kian membesar. 

Selain visual, deskripsi produk juga merupakan salah satu faktor yang dapat meyakinkan pembeli untuk berbelanja di toko daring. Penjelasan yang lengkap dan berisi akan membuat konsumen yang membaca memahami produk tersebut dan teryakini dengan produk yang dijual. Pentingnya sebuah deskripsi produk harus menjadi concern bagi setiap penjual online dalam memberi penjelasan lengkap pada setiap laman produk.

Tidak selamanya penamaan yang lebih singkat akan lebih baik begitupun sebaliknya. Konsumen terkadang dimudahkan oleh penjual yang menyematkan nama produk serta khasiat produknya dalam judul, tapi ada tidak jarang juga membuat penamaan menjadi terpotong karena terlalu panjang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN