Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Writer and lecturer

Sedang belajar menulis layaknya anak sekolah dasar dikelas bahasa. kontak z.chaeril@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Dirumahkan Karena Pandemi? Yuk Jadi Pengusaha Saja

18 Oktober 2020   01:13 Diperbarui: 18 Oktober 2020   01:32 712 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dirumahkan Karena Pandemi? Yuk Jadi Pengusaha Saja
Sumber: https://koinworks.com/

Tidak semua kalangan masyarakat masih dapat menggantungkan hidupnya dari pekerjaannya selama ini. Selama masa pandemi tidak sedikit masyarakat yang harus dirumahkan bahkan dihentikan dari pekerjaannya. Alasan perusahaan tidak lagi mampu memberikan upah karena pendapat perusahaan menurun selama masa pandemi harus diterima oleh para pekerja.

Indonesia telah memasuki bulan ke-10 setelah pertama kalinya kasus positif ditemukan. Namun, penerapan new normal yang dilaksanakan oleh pemerintah sedikit memberi angin segar agar roda perekonomian tetap berjalan. Kesempatan new normal dikala pandemi ini dimanfaatkan untuk kembali mencari rejeki yang sempat tertahan selama masa PSBB lalu. 

Memilih berdagang menjadi salah satu pilihan untuk menyambung hidup

Selama masa pandemi tidak sedikit dari para pekerja yang harus dirumahkan atau diberhentikan dan harus membanting stir menjadi seorang pengusaha. Mulai dari menjual produk kebutuhan menghadapi virus korona hingga melakukan inovasi dalam bidang kuliner atau produk lainnya. Kesempatan ini banyak dilakukan untuk tetap dapat mendapat penghasilan selama dirumahkan. 

Berdagang pun menjadi salah satu niat awal seseorang untuk membangun karakter menjadi seorang pengusaha. Belajar mengelola sebuah usaha, membuat seseorang yang giat dan tekun dalam menjalani bidang usaha dapat sukses serta mengembangkan bisnisnya.

Memanfaatkan saluran media digital

Saat ini setiap orang sudah harus mengusai dunia digital. Dunia digital merupakan akses termudah juga tercepat untuk mengelola segala hal. Termasuk salah satunya ialah saluran berdagang, berjualan melalui situs-situs penjualan secara daring menjadi media termudah yang dapat digunakan untuk memasarkan produk usaha kita kepada khalayak luas. 

Saat ini hampir semua orang telah terhubung dengan internet. Akses internet yang telah mencapai pelosok membuat semua orang dengan mudah dapat menggunakan internet kapanpun dan dari manapun. kesempatan ini memudahkan seorang pedagang memasarkan produknya hingga ke banyak orang dalam waktu bersamaan dengan satu strategi penjualan.

Manfaatkan fitur promo dalam marketplace

Situs-situs jualan online sudah sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia. Geliat belanja online pun kini bukan menjadi kegiatan baru bagi masyarakat Indonesia. Berdagang melalui situs ini menjadi wajib bagi mereka para pengusaha untuk memamerkan produknya. Dengan adanya situs ini memberi kemudahan agar produk jualan dapat dilihat juga dimiliki oleh orang-orang yang berada jauh dari tempat si penjual.

Setiap situs marketplace memiliki keunggulan masing-masing dalam fitur promosi yang disediakan. Fitur pemasaran yang tersedia memberikan kesempatan pedagang untuk bisa menggunakannya demi meningkat penjualan dalam situs tersebut. Seorang pengusaha yang ingin memfokuskan penjualannya dalam situs daring haruslah memahami serta memanfaatkan segala fitur yang telah tersedia. Fitur-fitur promosi tersebut haruslah menjadi strategi yang dapat meningkatkan penjualan serta dapat dilihat oleh lebih banyak orang.

Perhatikan rating yang  di miliki

Rating merupakan salah satu faktor yang kerap menjadi pertimbangan calon pembeli sebelum berbelanja. Rating ini di dapat dari berbagai macam penilaian yang pembeli rasakan. Perhatikan bagaimana respon pembeli setelah berbelanja pada toko kita. Kepuasan mereka akan menentukan nilai yang akan mereka berikan kepada toko kita.

Pastikan mereka memberikan nilai tertinggi setelah berbelanja dari toko daring kita. Penilaian yang mereka berikan merupakan akumulasi dari pengalaman mereka berinteraksi dengan toko kita. Mulai dari tampilan produk, deskripsi hingga pertanyaan yang mereka berikan melalui fitur chat. Semakin tinggi rating yang kita miliki, semakin tinggi juga tingkat kepercayaan si pembeli terhadap segala produk yang dipasarkan.

Jangan malu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x