Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Writer and lecturer

Sedang belajar menulis layaknya anak sekolah dasar dikelas bahasa. kontak z.chaeril@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Peran Internet dalam Komunikasi Pemasaran

17 Juni 2019   16:57 Diperbarui: 20 Juni 2019   13:51 0 3 1 Mohon Tunggu...
Peran Internet dalam Komunikasi Pemasaran
Photo by NordWood Themes on Unsplash | unsplash.com/@nordwood

Dunia digital kini semakin marak digunakan, penggunaan internet dalam operasi bisnis dijadikan alat untuk membangun citra perusahaan dan meningkatkan penjualan.

Dalam dunia pemasaran istilah komunikasi pemasaran memiliki arti menciptakan kegiatan yang bertujuan membangun hubungan dan memperkenalkan produk kepada konsumen melalui kegiatan seperti melangsungkan sebuah acara (launching produk), iklan atau promosi. 

Kotler mendefinisikan komunikasi pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung dan tidak langsung mengenai produk yang dijual. 

Orang awam akan melihat komunikasi pemasaran merupakan sebuah bentuk promosi yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan menjual produknya, namun tidak hanya mengenai penjualan, komunikasi pemasaran memilki tujuan lain selain melakukan penjualan, seperti membangun komunikasi antara perusahaan dan konsumen, mengenalkan merk yang dipasarkan dengan tujuan menaikkan kesadaran akan sebuah merk (Brand Awareness) dan juga menciptakan peluang penjualan. 

Di balik itu semua ada seorang pemasar yang berfikir keras untuk menyebarkan informasi mengenai perusahaannya tersebut kepada konsumen dengan menciptakan komunikasi melalui saluran-saluran yang tersedia.

Saat ini hampir semua orang sudah terhubung dengan internet, semua kini mampu mengakses internet dari mana saja. Peran internet dalam sebuah komunikasi pemasaran adalah menjadi jembatan antara perusahaan yang berada di suatu kota atau negara dengan konsumen yang tidak diketahui keberadaannya. Internet mempermudah hubungan perusahaan dengan konsumen melalui jaringan dunia maya yang selalu terhubung. 

Melihat kecanggihan saat ini komunikasi pemasaran telah sedikit bergeser dari komunikasi pemasaran tradisional yang menghabiskan biaya besar menuju komunikasi pemasaran yang memanfaat internet sebagai penghubungnya yang dianggap lebih berbiaya rendah. Namun, penggunaan media tradisional seperti tv dan radio masih tetap digunakan serta menambahkan media internet modern sebagai saluran komunikasi sebuah perusahaan.

Salah satu alasan perusahaan menggunakan internet sebagai salah satu alat komunikasi pemasaran yang mereka pilih adalah biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk media tradisional, contoh seperti perusahaan sebagai pemasang iklan cukup membayar sesuai dengan seberapa banyak orang yang membuka iklan mereka.

Istilah ini dikenal dengan CPC (Cost-per-click) dan CPM (Cost-per-mile) sesuai biaya dan budget yang mereka dapat tentukan sendiri, bandingkan dengan media tradisional yang mengharuskan mereka membayar satu slot iklan yang harganya telah ditentukan oleh si pemiliki saluran. 

Selain berbiaya rendah pembayaran menggunakan sistem ini mempermudah pemasang iklan untuk menentukan biaya dan budget yang mereka keluarkan serta menganalisa seberapa banyak konsumen yang melihat iklan dan karakteristik si pembuka iklan tersebut.

Selain mengenai biaya yang lebih murah, beriklan melalui internet pun mampu mencakup pasar yang lebih luas yang tidak pernah mereka sentuh dan juga sistem otomatis yang bisa dikerjakan sendiri tanpa memerlukan pihak ketiga, menjadikan komunikasi pemasaran melalui saluran internet menjadi primadona para pemasar saat ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x