Mohon tunggu...
Zulcar Chaeril
Zulcar Chaeril Mohon Tunggu... Writer and lecturer

Menyusuri keindahan alam Indonesia adalah hobi saya, menuliskan cerita yang ada difikiran saya adalah karya. Sedang belajar menulis layaknya anak sekolah dasar dikelas bahasa.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

10 Pemain Asing Liga Basket Indonesia yang Layak Kembali Bermain di Musim Depan

12 Juni 2019   18:13 Diperbarui: 13 Juni 2019   10:36 0 4 1 Mohon Tunggu...
10 Pemain Asing Liga Basket Indonesia yang Layak Kembali Bermain di Musim Depan
Sejumlah pemain asing yang berlaga di IBL 2018-2019| Sumber:Bolasport/Clarentia Wijnta.

Musim liga bola basket tertinggi di Indonesia IBL 2018/2019 memang sudah berakhir, namun cerita mengenai keikutsertaan pemain asing disetiap tim yang berlaga membuat tensi di setiap pertandingan musim 2018/2019 memanas dan meninggalkan kesan yang menarik. Hadirnya pemain asing membuat kualitas liga semakin baik dan persaingan pemain lokal pun semakin menarik. 

Musim 2018/2019 ini merupakan salah satu musim terbaik liga perbasketan Indonesia, dimana semua tim tidak ada yang luput dari kekalahan. Stapac sebagai juara pun harus merasakan pahitnya kekalahan. Walau hanya kalah satu kali musim ini, Stapac mampu bangkit dan melibas semua pertandingan sampai final dengan kemenangan. 

Tim papan atas lainnya seperti Satria Muda dan Pelita Jaya pun harus menelan kekelahan beberapa kali, dan bahkan Pelita Jaya pun harus gagal masuk ke semifinal musim ini setelah dikalahkan oleh Pacific Caesar yang bermain sangat menakjubkan selama Playoffs.

Dengan hadirnya pemain asing di setiap tim, membuat peta persaingan semakin sulit diprediksi. Regulasinya adalah dalam setiap tim hanya diperbolehkan menggunakan maksimal dua pemain asing, dengan kehadiran pemain asing tim-tim yang sulit bersaing dengan tim papan atas sangat terbantu.

Dunk Savon Goodman di laga final IBL 2018/2019. Sumber: suara.com
Dunk Savon Goodman di laga final IBL 2018/2019. Sumber: suara.com

Kehadiran pemain asing pun menjadi genjotan semangat para pemain lokal untuk bisa bersaing dan menghadirkan hiburan yang sangat menarik bagi penikmat basket Indonesia.

Kehadiran pemain asing musim depan akan selalu dinantikan oleh tim peserta yang bermain liga dan juga penikmat basket Indonesia. Berkaca dari permainannya musim lalu, berikut adalah pemain asing yang diprediksi akan kembali direkrut oleh tim peserta untuk musim depan.

1. Savon Goodman

Savon Goodman. Stapac Jakarta. Sumber: indosport.com
Savon Goodman. Stapac Jakarta. Sumber: indosport.com
Pemain asing yang hadir setelah mengantikan Jordin Mayes yang diganti karena cidera ini berhasil membawa Stapac Juara dan menjadi MVP finals. Tidak hanya menjadi MVP finals saja, pemain ini juga berhasil meraih MVP All Stars dan juara Slam Dunk Contest pada All Stars musim 2019. 

Pemain asing ini juga memiliki permainan impresif selama di liga, berposisi sebagai bigman pemain ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi pemain lawan yang. 

Garang saat bertahan dan menyerang, pemain ini pun berhasil menjadi match up yang seimbang saat di final menghadapi Dior Lowhorn dari Satria Muda yang juga dikenal sangat impresif di pertahanan lawan. Pemain ini masih sangat mungkin untuk kembali bermain musim depan karena penampilannya impresifnya.

2. Gary Jacobs 

Gary jacobs Jr. Hangtuah Sumsel. Sumber: independensi.com
Gary jacobs Jr. Hangtuah Sumsel. Sumber: independensi.com
Pemain fenomenal ini sempat menjadi pemain yang dikagumi di liga basket Indonesia, pemain yang sempat menorehkan rekor 61 poin dalam satu pertandingan saat masih membela NSH di musim 2016/2017 ini kini memperkuat Hangtuah. 

Hangtuah menggunakan jasa Gary Jacobs dimusim 2018/2019 ini, namun sayang ia harus pergi untuk kembali ke negara asalnya disebelum musim ini berakhir. Walaupun Hangtuah hanya berhasil finish di urutan kelima di divisi merah, tapi permainan Gary Jacobs akan selalu ditunggu oleh pecinta basket Indonesia.

3. Dashaun Wiggins 

Dashaun Wiggins NSH Jakarta. Sumber:  mainbasket.com
Dashaun Wiggins NSH Jakarta. Sumber:  mainbasket.com
Salah satu pemain asing baru yang pertama kali bermain di Indonesia ini mampu menunjukkan kualitasnya, sebagai pemain asing yang direkrut Wiggins berhasil membawa NSH sampai ke Semifinal. 

Pemain ini bermain sangat apik bersama Anthony Simpsons hampir berhasil membawa NSH ke final musim ini, pada semifinal menghadapai Satria Muda Wiggins harus cidera dan tidak mampu bermain pada gim penentuan yang membuat NSH harus gugur di semifinal.  Jika Wiggins sembuh dari cidera dan akan kembali bermain musim depan, sepertinya akan banyak tim yang tertarik dengannya.

4. Dior Lowhorns 

Dior Lowhorn Satria Muda Jakarta. Sumber: mainbasket.com
Dior Lowhorn Satria Muda Jakarta. Sumber: mainbasket.com

Pemain yang sudah dua tahun terakhir membela Satria Muda ini dikenal sangat menakutkan dibawah ring. Sangat sulit meredam permainan Dior Lowhorn dibawah ring, selain kuat di bawah ring pemain yang pernah memperkuat Singapore Slingers di ABL ini punya modal tembakan tiga angka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3