Mohon tunggu...
zulaikhah atyas
zulaikhah atyas Mohon Tunggu... seorang mahasiswa menulis artikel

menulis artikel seputar kegiatan dan informasi edukasi gizi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi Tak Menghalangi Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Remaja Putri SMA "CANTIK" dan "NGOPI" dengan Warga Setempat

15 Februari 2021   06:48 Diperbarui: 15 Februari 2021   07:09 59 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Tak Menghalangi Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Remaja Putri SMA "CANTIK" dan "NGOPI" dengan Warga Setempat
Gambar 1. Kegiatan Advokasi dan Diskusi kepada Pihak Sekolah/dokpri

Bantul (06/2) Mahasiswa KKN UNDIP telah melakukan inovasi edukasi gizi secara daring melalui dua rangkaian kegiatan bertajuk "Remaja Putri CANTIK (CekatAN, akTif, produktIf, dan energiK) #GenerasiAntiAnemia pada siswa SMA UII Yogyakarta" dan "NGOPI (NGObrol Persoalan gIzi) Imunitas bagi warga RT 15 Sorowajanbaru, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta".

Kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh anemia yang masih menjadi salah satu prioritas masalah gizi dimana pemerintah berusaha mewujudkan remaja sehat bebas anemia melalui pemenuhan gizi seimbang. Tingginya kejadian anemia pada remaja putri tetntunya akan berpengaruh terhadap kesehatan remaja dalam upaya mencetak kualitas generasi penerus bangsa di masa depan. 

Program gizi berbasis sekolah yang terintegrasi diketahui dapat mengatasi permasalahan gizi salah satunya anemia karena sekolah memiliki peran potensial melalui para guru dan berpeluang tinggi dalam meningkatkan perbaikan perilaku dan kepatuhan akan gizi. Tidak hanya mengenai permasalahan anemia, dewasa ini kasus covid-19 cenderung terus meningkat. 

Selain 3M, pemerintah melalui Kementrian Kesehatan RI gencar melakukan promosi menjaga imun melalui pola hidup sehat serta pemenuhan gizi seimbang Selama ini baik remaja putri maupun masyarakat umum belum banyak mengetahui dan sadar akan pentingnya gizi maupun pemilihan makanan yang tepat sesuai pedoman gizi seimbang  dalam menunjang kekebalan tubuh atau meminimalisir risiko terjadi anemia Selain itu tren informasi akan makanan yang diyakini menjadi 'obat covid' atau 'pencegah covid' mulai tersebar dimasyarakat dan belum diketahui secara pasti berdasarkan kajian ilmiahnya.

Kegiatan Remaja Putri CANTIK #GenerasiAntiAnemia dimulai dengan advokasi serta berdiskusi melibatkan pihak sekolah (kepala sekolah, bagian kesiswaan, serta guru pengampu mata pelajaran biologi) menjalin kerjasama dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa untuk mencegah terjadinya anemia sejak dini.

Kegiatan penyuluhan edukasi mengenai gizi anemia telah diadakan pada Jumat, 22 Januari 2021 yang dihadiri oleh siswi kelas XI dan XII SMA UII Yogyakarta berupa penyampaian materi mengenai definisi anemia, alasan remaja putri berisiko mengalami anemia, dan solusi mencegah anemia melalui konsumsi makanan beragam berpedoman pada gizi seimbang serta rutin konsumsi tablet  tambah darah secara tepat. Tidak hanya menyampaikan materi. mahasiswa KKN juga mengajak para siswi untuk berdiksusi, melakukan  permainan quiz seputar gizi dan anemia, melakukan challenge di social media, dan pembagian e-booklet untuk menyemarakkan kegiatan ini. 

Karena pada masa remaja  teman sebaya memiliki pengaruh yang besar challenge social media dipilih sebagai inovasi peer-to-peer education bagi siswa yang mengikuti penyuluhan untuk membagikan hal yang diketahui setelah mengikuti penyuluhan dan pesan untuk teman-teman lainnya mengenai pentingnya gizi dan anemia.

Selain itu, media edukasi gizi booklet telah dibagikan dan dapat diakses online secara gratis melalui link http://bit.ly/bookletgizianemia dengan bahasa komunikatif, desain yang menarik, dan dilengkapi lembar kontrol konsumsi TTD agar siswa antusias dan mudah memahami materi yang diberikan. Selanjutnya rangkaian kegiatan diakhiri dengan penyerahan poster yang akan ditempel pada papan dinding sekolah juga booklet versi cetak  yang akan diletakkan di perpustakaan sehingga dapat dibaca oleh para siswi dan diharapkan edukasi tetap berlanjut walaupun program telah selesai.

Gambar 2. Penyerahan Media Edukasi Booklet dan Poster kepada Pihak Sekolah/dokpri
Gambar 2. Penyerahan Media Edukasi Booklet dan Poster kepada Pihak Sekolah/dokpri

Sedangkan "Kegiatan NGOPI  Gizi Imunitas" telah diadakan pada dari hari Sabtu, 16 Desember 2020 hingga Selasa,2 Februari 2021 dengan metode edukasi yang digunakan adalah diskusi interaktif melalui fitur Whatsapp Group. Kegiatan ini diikuti oleh para warga RT 15 Sorowajanbaru, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta setiap seminggu sekali menggunakan media e-minicard. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x