Mohon tunggu...
Zubaili
Zubaili Mohon Tunggu... Guru - Guru Honorer - Aceh. "Belajar Harus Berguru, Bukan Meniru"

Menulis adalah bagian dari belajar. Dengan belajar, kita bisa mengajar... Dengan mengajar, kita bisa belajar...

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

4 Langkah untuk Mengatasi Masalah yang Sedang Kita Hadapi

14 Juli 2022   03:29 Diperbarui: 24 September 2022   17:06 117 35 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Ilustrasi: Satukataku.wordpress)

" Allah SWT tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya..." (Q.S. Al-Baqarah:286)

Dalam kehidupan sehari-hari, semua kita pasti pernah merasakan atau mengalami sebuah masalah sesuai dengan porsinya masing-masing, baik masalah itu kecil atau besar. Allah SWT tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. 

Setiap masalah yang kita alami sebenarnya ada solusi. Ibarat penyakit, setiap penyakit pasti ada obatnya. Begitu pula dengan sebuah masalah yang sedang menimpa seseorang, semua ada solusinya. Tergantung bagaimana kita dalam menyikapi masalah tersebut.

Ada 4 langkah yang dapat kita lakukan saat mengalami sebuah masalah, sehingga dengan 4 langkah tersebut dapat mengatasi masalah yang sedang kita hadapi dalam hidup ini.

 pertama, mengakui adanya masalah,

Mengakui adanya masalah itu sangat penting, karena dengan berpura-pura tidak ada masalah, terkadang membuat masalah kecil menjadi semakin rumit dan semakin besar. Sedangkan dengan kita mengakui bahwa memang sedang ada masalah. Setidaknya andai masalah itu kecil tidak akan menjadi masalah semakin besar. Ini merupakan awal dari sikap kita untuk menyelesaikan masalah itu.

kedua, cari sumber atau akar masalahnya,

Ibarat asap pasti ada sumbernya yaitu berasal dari api. Sama halnya dengan masalah, masalah yang menimpa seseorang pasti ada sumber nya. Makanya, saat sudah mengakui adanya masalah, sikap kita selanjutnya adalah mencari sumber atau akar masalahnya. Dari mana pertama kali masalah itu muncul, apa penyebabnya sehingga masalah itu ada. 

 ketiga, setelah menemukan akar masalahnya langsung mencari solusinya,

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal tulisan ini, setiap masalah yang kita alami sebenarnya ada solusi. Ibarat penyakit, setiap penyakit pasti ada obatnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan