Perilaku Siswa di Kelas 9G di MTsN Padang Panjang
Tempat pengamatan : Kelas 9G
Waktu pengamatan Sabtu,20 September 2025
Objek yang diamati : Perilaku siswa kelas 9G
Orang yang mengamati : Zivana Faras Sahira
Hasil Pengamatan :
Definisi Umum: Pada hari Sabtu, tanggal 20 September 2025, saya melakukan pengamatan tentang perilaku siswa kelas 9G. Siswa kelas 9G Adalah salah satu bagian dari kelas 9 yang merupakan tingkatan tertinggi di MTsN Padang Panjang. Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku siswa di sekolah dan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Deskripsi Bagian: Siswa kelas 9G berisi 31 murid yang terdiri dari murid laki-laki yang berjumlah 11 orang dan murid perempuan yang berjumlah 20 orang. Dari pengamatan yang saya lakukan, saya melihat bahwa sebagian besar siswa memiliki perilaku baik dan sopan. Ada sisi positif dan negatifnya.
Siswa yang memiliki sikap yang baik bisa dilihat ketika siswa sedang datang ke sekolah dan pulang sekolah, siswa tersebut menyalami guru. Dalam mengikuti pembelajaran, mereka aktif dan berpartisipasi mengikuti pelajaran yang diberikan guru.Lalu, siswa yang memiliki perilaku yang kurang baik, dapat dilihat dari cara berbicaranya yang keras bahkan kasar, melanggar peraturan sekolah, tidak antusias ataupun tidak memperhatikan guru.
Di kelas 9G sendiri, murid-murid disana cenderung memiliki sikap yang baik.Sekitar 24 orang cenderung memperlihatkan sikap yang baik saat disekolah, seperti Risa, Mikaila, Keysha, Andina dan Evangelina. Sedangkan sisanya, yaitu sekitar 7 orang lainnya, kadang bertingkah kurang baik dalam proses pembelajaran seperti Farrel, Nabel, Abil, dan Torino.
Deskripsi Manfaat: Siswa yang berperilaku baik dan tidak baik sudah tercermin dari pendidikan yang diajarkan orang tua di rumah. Maka dari itu peran orang tua sangat penting agar terciptanya perilaku yang sopan.