Mohon tunggu...
Zidane Aldani Fitrah Ramadhan
Zidane Aldani Fitrah Ramadhan Mohon Tunggu...

https://tribunestadium.com

Selanjutnya

Tutup

Digital

"Search Engine" Sebesar Google Ternyata Juga Memiliki Bug

3 Juni 2018   06:42 Diperbarui: 3 Juni 2018   08:30 0 5 0 Mohon Tunggu...
"Search Engine" Sebesar Google Ternyata Juga Memiliki Bug
Mesin pencari Google (Foto: Theeast.co.id)

Tidak ada manusia sempurna, apalagi search engine/mesin pencari semacam Google yang diciptakan oleh manusia yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Semua itu berawal dari Krizastro yang mengetikkan 'the1975..com' di kolom pencarian Google pada aplikasi mobile, namun justru mendapatkan hasil isi SMS terakhir pada ponselnya. 

Temuan ini pertama kali dilaporkan oleh  Krizastro pada situs Reddit. Awalnya Krizastro ingin mencari situs band rock asal Inggris, The 1975. The 1975 adalah sebuah band rock  yang beranggotakan Matthew Healy (vokal, gitar), Adam Hann (vokal, gitar), George Daniel (drum), dan Ross MacDonald (bass). Band rock asal Inggris ini berbasis di Kota Manchester.

Bug mesin pencari Google (Foto: Kompas.com)
Bug mesin pencari Google (Foto: Kompas.com)
Krizastro menemukan bug ini pada ponselnya Google Pixel 2 XL miliknya. Bukan hanya Google Pixel 2 XL, hal yang sama juga terjadi pada ponsel merek lain yaitu OnePlus, Samsung, LG, dan Huawei. Namun bug yang terdapat pada ponsel OnePlus, Samsung, LG, dan Huawei berbeda dengan 'the1975..com' melainkan jika diketik 'zela viagens', 'izela viagens', 'vizel viagens' hingga kombinasi dari karakter serupa yakni 'the1975.#com'. 

Meskipun yang diketik berbeda, tetapi hasilnya tetap sama yaitu memunculkan hasil isi SMS terakhir pada ponsel tersebut. Google Assistant pun juga mengalami hal yang serupa, meskipun Google Assistant menggunakan perintah suara bukan diketik. Untungnya, aplikasi Google Chrome aman dari masalah bug tersebut.