Mohon tunggu...
Zia Mukhlis
Zia Mukhlis Mohon Tunggu... entahlah, yang penting nulis aja

Pikiran Yang Dipenakan

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Bosan?

14 April 2018   14:42 Diperbarui: 14 April 2018   15:05 934 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Bosan?
malas-5ad1b6bacf01b469fa49f892.jpg

Bosan atau jenuh adalah perasaan yang selalu ada pada diri manusia. Biasanya terjadi tanpa disadari dan membuat seseorang malas mengerjakan suatu aktivitas. Ini terjadi karena seseorang selalu melakukan pekerjaan yang sama secara berulang-ulang. Berbeda ketika seseorang melakukan aktivitas baru, dengan melakukan aktivitas baru seseorang akan merasa tertantang dengan aktivitasnya dan lebih semangat. Contoh sederhananya seperti karyawan baru akan berbeda semangat kerjanya dari pada karyawan senior. Ini tidaklah benar seratus persen, karena memang motivasi kerja masing orang itu berbeda, dan biasanya orang sering bosan dan jenuh saat melakukan aktivitas yang sama secara berulang-ulang. So apa solusinya kuy?

Pertama, bagi kita yang sedang bekerja dan sekolah mungkin sering berenturan dengan perasaan bosan ini, solusinya adalah lakukan refleshing sesekali. Tidak salah jika kita jalan-jalan bersama teman, berwisata dan menikmati alam, sekedar mengganti suasana mood itu sudah menghilangkan rasa bosan kita. 

Bejalan-jalan sangat besar pengaruhnya terhadap diri kita, disamping bisa menghilangkan stress juga bisa menarik minat, karena kita tidak tahu hal apa yang akan  kita temukan saat jalan-jalan nanti. Menikmati alam sangat dianjurkan buat yang sering bosan, seperti ke kebun teh, taman rindang dan air terjun, oksigen yang banyak pada tempat-tempat tersebut memberikan kesegaran dan udara segar dalam tubuh kita.

Kedua, ngumpul bareng teman-teman. Ketawa-ketiwi juga bisa menghilangkan kejenuhan kita, karena dengan ketawa-ketiwi bisa menghilangkan ketegangan di pikiran kita dan kegundahan di hati. Apalagi saat berkumpul dengan teman lama, nostalgia masa lalu memiliki efek candu yang baik untuk menghilangkan kejenuhan. Tidak hanya itu, ngobrol adalah salah satu cara jitu menghilangkan kebosanan dan stress kita loh, dengan menceritakan perasaan dan kebosanan kita biasanya itu juga meringankan kepala dan dada kita kuy, coba dech.

Ketiga, cari aktivitas baru. Cobalah melakukan hal-hal yang baru yang belum pernah kamu kerjakan, misalnya biasanya kamu cuma baca buku pelajaran selama ini, maka mulai saat ini baca juga selain buku pelajaran seperti novel, komik, majalah, ensiklopedia, dan buku ilmiah lainnya. Dan juga bisa dengan pindah kolam, kalo kamu sudah lama berada di satu tempat atau ruangan, kamu harus cari suasana baru di ruangan yang lain, misal kayak kamu yang aktif di organisasi, kalo misalkan jenuh di organisasi A, maka pindah dan cari tantangan baru di organisasi B, maka dijamin kamu akan semangat lagi saat kembali ke organisasi A.

Keempat, dekatkan diri kepada Allah, bosan dan jenuh itu mungkin saja terjadi karena hubungan kita dengan Allah agak jauh, maka dengan mendekatkan diri secara ikhlas dan rendah itu juga berhasil menghilangkan kejenuhan kita, bahkan kita lebih semangat olehnya. Apalagi dizaman now ini, dimana kita bekerja dan sekolah sepanjang hari, kebutuhan batin kita jarang terpenuhi karena kesibukan kita yang sangat padat, bosan sebenarnya adalah alarm tanda batin kita telah lapar, ia perlu disegarkan kembali dengan siraman ibadah dan rohani. 

Jika bisa mari kita tingkatkan kekhusyukan kita saat beribadah, dan perbanyak follow akun-akun ceramah, insyaaAllah itu bisa menjadi penyeimbang dari aktivitas kita yang padat dan obat dari kebosanan kita tadi, kuy.

selamat mencoba, good bye bosan...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x