Mohon tunggu...
M. Fauzan Zenrif
M. Fauzan Zenrif Mohon Tunggu... Dosen - Zenrif

Hidup Itu Belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Coaching Artikel, Cara Mudah Menulis Karya Ilmiah

22 Oktober 2019   18:42 Diperbarui: 23 Oktober 2019   09:38 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Warung S3 Merjosari Malang| Dokumentasi pribadi

Beberapa hari belakangan ini saya sering ke Warung S3 (Es Three) untuk menemani teman-teman Pascasarjana memperkuat cara penulisan karya ilmiah. Saya ingin melandingkan keinginan beberapa teman pasca untuk belajar menulis karya ilmiah yang memenuhi standar akademik yang cukup memadai. 

Warung S3 Murah dan Nyaman Dibuat Diskusi| Dokumentasi pribadi
Warung S3 Murah dan Nyaman Dibuat Diskusi| Dokumentasi pribadi

Saya sengaja memilih Warung S3 untuk dijadikan tempat diskusi karena lokasinya dekat dengan kota, murah harganya, dan nyaman makanannya. Lebih dari itu, lokasi Warung S3 yang masuk gang membuat suasana lingkungannya sepi sehingga kondusif untuk dijadikan tempat belajar bersama. 

Kelas Filsafat Ilmu| Dokumentasi pribadi
Kelas Filsafat Ilmu| Dokumentasi pribadi

Kali ini,  saya menemani kelas Filsafat Ilmu Program Magister Pendidikan Agama Islam. Peserta program yang bersemangat membuat saya turut bersemangat pula untjjk menemani mereka mengembangkan kompetensi akademiknya. Beberapa peserta yang datang dengan tidak membawa laptop, dipaksa pulang kembali untuk mengambil laptopnya. 

Lengkap dan Serius| Dokumentasi pribadi
Lengkap dan Serius| Dokumentasi pribadi

Setelah semua lengkap peralatannya,  saya meminta untuk membuka dan menyalakan laptopnya. Saya kemudian memulai:

"Saya sangat senang sekali bisa menemani teman-teman belajar bersama untuk mengembangkan karya ilmiah. Saya jadi teringat saat S1 dulu sempat belajar menulis pada Bang Dahlan Iskan. Hanya dalam 5 jam saja,  Bang Dahlan melatih kami menulis dalam sebuah kegiatan Diklat Jurnalistik yang diadakan oleh PMII Cabang Malang. 

Kali ini saya ingin menularkan ilmu 5 jam tersebut pada temen-temen sekalian. Untuk itu,  saya sengaja datang awal, jam 15 dan diharapkan jam 20 nanti temen-temen sudah membawa artikel yang berkualitas memadai. 

Semua Bekerja| Dokumentasi pribadi
Semua Bekerja| Dokumentasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun