Mohon tunggu...
Zaskia Pratiwi
Zaskia Pratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

memiliki hobi olahraga dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Ciptakan Lingkungan Sehat Bebas DBD, Mahasiswa KSM-T UNISMA Lakukan Survei Jentik Nyamuk

11 September 2022   22:11 Diperbarui: 11 September 2022   22:13 86 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KSM-T Unisma melakukan survei pada bak mandi (Dokpri)

Mahasiswa KSM-T UNISMA Kelompok 96 dan didampingi juga oleh ibu kader jumantik melakukan survei jentik nyamuk dari rumah ke rumah warga sebagai upaya pencegahan timbulnya penyakit DBD, di wilayah Kel. Madyopuro, Gg Mirej Rt 02/ Rw 04, Kec. KedungKandang, Kota Malang. Pelaksanaan program ini dilakukan selama 1 hari pada hari Jumat, 26 Agustus 2022. 

Penyakit DBD merupakan penyakit yang disebabkan virus dengue dan ditularkan melalui nyamuk Aides aegypti. Memasuki musim penghujan dengan kondisi yang lembab jentik nyamuk akan mudah timbul dan berkembangbiak di genangan-genangan air. 

Sebelum melakukan kegiatan survei, KSM-T UNISMA kelompok 96 dan didampingi juga dengan ibu kader jumantik, meminta izin terlebih dahulu dan melakukan brainstorming. 

Peralatan yang dibutuhkan untuk survei ialah senter dan buku catatan. Dan Hasil penelitian/survei dari rumah ke rumah dinyatakan negatif dari jentik nyamuk. Diharapkan dengan adanya survei jentik nyamuk ini penyakit DBD dapat dicegah dan berkurang. 

Survei ini berfokus pada jentik nyamuk yang ada di bak mandi. Pencegahan pertumbuhan nyamuk DBD menjadi salah satu upaya dari Mahasiswa KSM-T UNISMA Kelompok 96 dalam memberikan kontribusi nyata pada wilayah Kel. Madyopuro Gg Mirej. Kelompok yang bertugas beranggotakan yaitu 10 mahasiswa. Gambar 1. 

Survei pada bak mandi Ketua KSM-T Unisma Kelompok 96 Egi Dwi Gusuma mengatakan,"Masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, masyarakat juga digalakkan untuk menerapkan 3M". 

3M tersebut meliputi, M pertama Menguras tempat yang sering digunakan sebagai penampungan air, seperti bak mandi, penampungan air minum dan lain-lain. 

M kedua Menutup dengan rapat tempat-tempat yang digunakan sebagai penampungan air misalnya kendi dan lain-lain. 

M ketiga mengubur barang-barang bekas yang memiliki potensi dapat menampung air seperti ban bekas, ember bekas dan botol. 

Kewaspadaan memang perlu ditingkatkan karena terdapat kemungkinan adanya perkembangbiakan nyamuk yang meningkat pada musim hujan, sehingga sering menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Kelompok 96 KSM-T UNISMA mengajak kepada warga untuk bersama-sama menggalakkan dan melaksanakan 3M agar lingkungan dan keluarga terhindar dari DBD.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan