Mohon tunggu...
Zarmoni
Zarmoni Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penggiat Seni dan Budaya Kerinci

Penggiat Seni, Adat dan Budaya Kerinci

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Persebaran Petilasan/Makam Kuno di Kerinci yang Terabaikan

12 Agustus 2022   12:10 Diperbarui: 23 Agustus 2022   17:59 1010
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri. Salah satu petilasan leluhur di Kerinci

Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi memiliki keunikan serta beraneka budaya yang bersebaran. Baik berupa benda-benda dari zaman megalitikum maupun neolitikum.

Daerah Kerinci membentang dari Tamiai hingga ke Letter W Kayu Aro. Namun yang telah tersentuh oleh peneliti dari Purbakala dan Cagar Budaya hanya sebagian Kerinci daerah selatan seputaran danau Kerinci, sedangkan daerah hulu/utara Kecamatan Depati Tujuh, Kecamatan Air Hangat, Kecamatan Air Hangat Barat, Kecamatan Air Hangat Timur, Kecamatan Siulak, Kecamatan Siulak Mukai, Kecamatan Gunung Kerinci, Kecamatan Kayu Aro, Kecamatan Kayu Aro Barat, hingga ke Kecamatan Gunung Tujuh masih banyak yang belum tersentuh.

Dokpri. Makam/petilasan Depati Agung Jindah Putih
Dokpri. Makam/petilasan Depati Agung Jindah Putih

Di antara peninggalan purbakala yang belum diteliti seperti pesebaran makam-makam kuno (petilasan) yang merupakan “kuburan” para leluhur atau ninik moyang yang sejarahnya “terlupakan” sehingga para generasi muda tidak mengenal asal-usulnya bahkan dari suku/luhah/kalbu mana ia berasal.

Di samping makam kuno, jejak-jejak pendahulu seperti gua, peninggalan surat-surat incung, gerabah, tabuh, dan rumah gedang (rumah adat) yang memiliki ukiran dan relief berusia lebih seratus tahun makin lama makin aus ditelan zaman dan hampir punah.

Kerinci memiliki beraneka ragam budaya yang perlu dilestarikan, karena menurut sebagian ahli yang pernah ditayangkan di Trans Tujuh TV, suku Kerinci merupakan Suku Tertua di dunia.

Namun penelitian secara objektif masih kurang, ditambah lagi pengaruh era globalisasi yang membuat generasi muda kurang ambisius dalam hal pemeliharaan kearifan lokal.

Kabupaten Kerinci, hawanya nan sejuk, pemandangan yang elok, serta adat dan kebudayaan dari suku melayu tua yang beraneka ragam mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pelancong untuk berwisata kesini.

Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Sumatera, sebagai puncak dari hamparan bukit barisan pulau Andalas, setiap saat dikunjungi oleh para pendaki dari nusantara maupun internasional.

Makam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun