Mohon tunggu...
Zanuar iqbalfazumi
Zanuar iqbalfazumi Mohon Tunggu... MAHASISWA UNEJ

181910501037

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Sistem Klaster Industri Untuk Meningkatkan Perekonomian Suatu Wilayah

5 Desember 2019   19:41 Diperbarui: 5 Desember 2019   19:41 81 0 0 Mohon Tunggu...

Istilah klaster ndustri mungkin masih asing bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, namun bagi masyarakat yang mengerti terkait bidang ekonomi ataupun masyarakat yang bekerjah pada bidang industri sudah tidak asing lagi dengan istilah klaster industry. Lalu bagaiman klaster industry dapat meningkatkan perekonomian suatu daerah?

Secara umum klaster industry adalah  kelompok industri yang saling berhubungan atau saling terikat yang melakukan hubungan bisnis dan kemampuan serta teknologi yang serupa karena adanya faktor produksi bersama. 

Dalam bidang ekonomi klaster industry dapat diartikan sebagai perusahaan-perusahaan ataupun lembaga-lembaga baik pemerintah ataupun swasta yang terkait dengan bidang ekonomi atau perindustrian. Jadi klaster industry merupakan suatu kelompok industry yang saling terkait dalam proses peningkatan berupa nilai tambah melalui berupa nilai tambah baik bisnis maupun non bisnis

Terhubungnya antar pihak pelaku industry, tidak hanya pada pelaku industry yang berperan produksi saja, melainkan berperan sebagai komponen pada rantai perindustrian, yaitu support industry, core industry dan supply industry.

Dari keterhubungan komponen industry, dapat memberikan suatu impact berupa peningkatan pada perekonomian di suatu wilaya yang dapat dirasakan secara langsung. Peningkatan perekonomian suatu daerah tersebut dikarenakan adanya klaster industry yang menghubungkan beberapa pelaku usaha baik swasta ataupun non swasta dalam bentuk kerja sama dan dapat meningkatkan keterhubungan antar perusahaan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x