Mohon tunggu...
Grosir Stik Es Krim Exxowood
Grosir Stik Es Krim Exxowood Mohon Tunggu... Freelancer - Grosir Stik Es Krim 085735851428

Grosir Stik Es Krim 085735851428 Pabrik Stik Es Krim ExxoWood Purbalingga Jawa Tengah - Whatsapp : 6285735851428 - - https://pabrikstikeskrim.wordpress.com/ - - Pabrik Stik Es Krim Grosir Stik Es Krim Jual Stik Es Krim

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Berpisah dengan Ponsel

22 Februari 2018   19:50 Diperbarui: 12 Juni 2018   20:58 325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Saat ini aku sadar aku butuh untuk berpisah dengan telepon saya lebih dari dua tahun yang lalu. Saya baru saja punya bayi dan sedang memberi makan dia di sebuah kamar yang gelap karena dia meringkuk di pangkuanku. Itu adalah momen yang intim, tender --- kecuali satu detail. Dia menatap saya... dan saya memegang handphone browsing daftar alat masak terbaru

Aku tidak akan mencoba menjelaskan semangat pribadi tertentu ini. Intinya adalah bahwa 15 menit baik mungkin berlalu sebelum aku akhirnya tertangkap mata anak saya menatapku, wajahnya kecil yang diterangi oleh lampu biru ponsel saya. Aku melihat adegan seperti itu akan tampak untuk orang luar-fokus pada saya, saya terfokus pada telepon saya --- dan hatiku tenggelam. Ini bukanlah cara hal-hal yang saya inginkan.

Peningkatan jumlah kami datang untuk menyadari bahwa hubungan kita dengan telepon kami tidak persis apa yang seorang terapis pasangan akan menggambarkan sebagai "sehat." Menurut data dari saat ini, sebuah aplikasi waktu-pelacakan dengan hampir lima juta pengguna, orang rata-rata menghabiskan empat jam hari berinteraksi dengan telepon nya.

Aku masih ingin menggunakan ponsel saya ketika itu berguna atau menyenangkan. Tapi aku ingin hubungan yang baru dengan itu --- satu dengan batas-batas yang lebih baik, dan di mana saya memiliki lebih banyak kontrol. Saya menghabiskan berikutnya setengah tahun meneliti kebiasaan, kecanduan, perubahan perilaku, kesadaran dan neuroplastisitas, dan mengembangkan strategi yang komprehensif untuk bagaimana untuk "break up" dengan telepon saya. Tujuannya tidak pernah menggunakan ponsel saya lagi; itu adalah untuk menciptakan hubungan yang berkelanjutan yang merasa sehat.

Dua tahun kemudian, aku merasa bahwa aku sudah berhasil. Berikut adalah beberapa hal penting yang saya belajar tentang cara menavigasi perpisahan sukses dan menciptakan hubungan yang lebih baik dengan telepon Anda.

Membingkai ulang cara Anda berpikir tentang hal itu

Banyak orang menyamakan menghabiskan lebih sedikit waktu pada ponsel mereka dengan menyangkal diri mereka sendiri kesenangan --- dan yang suka untuk melakukan itu? 

Sebaliknya, pikirkan cara ini: waktu yang Anda habiskan pada ponsel Anda adalah waktu Anda tidak menghabiskan melakukan hal-hal menyenangkan lainnya, seperti bergaul dengan teman atau mengejar hobi. Alih-alih berpikir itu sebagai "menghabiskan lebih sedikit waktu pada ponsel Anda", berpikir itu sebagai "menghabiskan lebih banyak waktu hidup Anda."

Tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda inginkan untuk memperhatikan

Hidup kita adalah apa yang kita membayar perhatian. Ketika kita memutuskan apa yang harus membayar perhatian pada saat itu, kami membuat keputusan yang lebih luas tentang bagaimana kita ingin menghabiskan waktu kita. 

Orang-orang yang merancang aplikasi mati-matian ingin perhatian kita, karena itulah bagaimana mereka membuat uang. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa begitu banyak aplikasi media sosial gratis? Karena pengiklan pelanggan --- dan perhatian Anda adalah apa yang sedang dijual. Jadi tanyakan pada diri sendiri: apa yang Anda inginkan untuk memperhatikan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun