Mohon tunggu...
zamsul bakhri
zamsul bakhri Mohon Tunggu... Planter

Seorang planter, menghabiskan waktu bersama matahari

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bernardo Silva, Otak Permainan Manchester City yang Tidak Diakui

8 Agustus 2019   09:58 Diperbarui: 8 Agustus 2019   10:17 57 1 0 Mohon Tunggu...
Bernardo Silva, Otak Permainan Manchester City yang Tidak Diakui
Bernardo Silva (sumber: mopays.com)

Kevin De Bryune lebih sering cedera, Davil Silva sering absen lantaran masalah pribadi, Leroy Sane dan Riyad Mahrez belum mampu tampil dengan konsisten, disitulah sebuah kesempatan muncul bagi Bernardo Silva yang tampil sebagai jantung permainan Manchester City dan berhasil mengantarkan City meraih treble gelar domestik yang bersejarah.

Belum lagi Bernardo Silva juga berhasil mengantarkan Portugal meraih juara Liga Bangsa-Bangsa Eropa dengan mencetak assist di partai final saat melawan Belanda dan terpilih sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut.

Dampak langsung dari gelar juara Liga Bangsa-Bangsa Eropa bagi para pemain yaitu meningkatkan kesempatan meraih gelar Ballon d'Or terutama bagi Ronaldo setelah mencetak hattrick di semifinal saat Portugal menghancurkan Swiss, lalu mengapa tidak bagi Bernardo Silva untuk meraih hal serupa?

Musim ini Silva tampil sebanyak 51 pertandingan bagi City diseluruh kompetisi dengan mencetak 13 gol dan 14 assist dan merupakan pemain dengan raihan gelar terbanyak dengan 5 trofi yaitu FA Community Shield, Piala Liga Inggris, Piala FA, Liga Premier Inggris dan trofi juara Liga Bangsa-Bangsa Eropa. Bernardo Silva juga ditetapkan sebagai pemain terbaik kompetisi Liga Premier.

Bandingkan dengan Luka Modric saat meraih gelar Ballon D'Or musim sebelumnya, saat itu Modric hanya bermain sebanyak 43 pertandingan bagi Madrid di seluruh kompetisi dengan mencetak 2 gol dan 8 assist. 

Nilai plus bagi Modrid musim lalu yaitu penampilan cemerlangnya bersama timnas Kroasia hingga mencapai partai final Piala Dunia 2018 dengan mencetak 2 gol dan 1 assist dan menjadi pemain terbaik turnamen tersebut.

Sedangkan pemain yang paling banyak diunggulkan meraih gelar Ballon D'Or musim ini, Messi, hanya berhasil meraih dua gelar musim ini yaitu Piala Super Spanyol dan gelar La Liga, Messi juga dinobatkan sebagai peraih Golden Boot sebagai pencetak gol terbanyak di kompetisi UEFA dan merupakan top skorer Liga Champions Musim ini.

Virgil Van Dijk, yang bermain solid bagi Liverpool dengan mempersembahkan gelar Liga Champions musim ini juga diperkirakan akan menjadi salah satu finalis peraih Ballon d'Or.

Meskipun rekan senegara Bernardo Silva, Ronaldo kembali dijagokan ikut meramaikan perebutan gelar Ballon d'Or setelah ikut meraih gelar Liga Bangsa-Bangsa Eropa, namun musim yang kurang menguntungkan bersama Juventus dengan hanya meraih gelar Serie A sepertinya akan mementahkan ambisi Ronaldo kali ini.

Bernardo Silva memang tidak seterkenal para pemain tersebut, namun dengan semua yang diperoleh pada musim ini, Bernardo Silva layak mendapat tempat di podium.

VIDEO PILIHAN