Mohon tunggu...
zamsul bakhri
zamsul bakhri Mohon Tunggu... Planter

Seorang planter, menghabiskan waktu bersama matahari

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengapa Barcelona, Juventus, Bayer Munchen, dan PSG Selalu Mendominasi?

29 April 2019   14:10 Diperbarui: 29 April 2019   14:21 0 0 0 Mohon Tunggu...

Liga-liga sepakbola top Eropa pada beberapa musim terakhir terus didominasi oleh klub-klub tertentu seperti Barcelona, Juventus, Bayern Munchen dan Paris Saint Germain di liga negaranya masing-masing.

Pep Guardiola mengatakan bahwa "Mereka yang terbaik karena apa pun yang terjadi, mereka kembali setiap tahun dan memenangkan liga mereka," katanya.

"Setiap musim mereka memenangkan piala. Setiap musim mereka ada di sana. Konsistensi adalah hal yang paling sulit, tetapi apa yang mereka lakukan setiap tiga hari selama 11 bulan dalam setahun adalah sesuatu yang paling saya kagumi dan hormati" lanjutnya.

Komentarnya, tentu saja, mendapat kritik karena tidak menyebutkan Real Madrid sebagai klub terbaik meskipun telah memenangkan tiga gelar Liga Champions berturut-turut. Satu hal yang belum dicapai klub-klub yang menjadi favoritnya..

Memang, Barcelona telah memenangkan empat gelar Liga Champions dalam 13 tahun terakhir, Bayern hanya memenangkan satu gelar, sedangkan Juventus hanya sebatas menjadi finalis pada 2 musim

Barcelona (8 dari 11 gelar La Liga): Faktor Messi
Dalam 11 musim terakhir, Barcelona telah memenangkan 8 gelar La Liga, sedangkan tiga gelar La Liga, diraih Real Madrid (2) dan Atletico Madrid (1).

Tim Catalan tersebut setiap tahunnya mampu bersaing dengan Madrid dan berhasil mengalahkan Los Blancos meskipun para pemain Madrid tampil brilliant.

Namun Lionel Messi terbukti sangat menentukan. Kualitas, konsistensi, gol dan permainannya, tidak ada cara untuk menghentikannya.

Bayern (10 dari 14 gelar Bundesliga): Mesin yang tak terhentikan
Perburuan gelar Bundesliga musim ini memang belum selesai, namun tidak ada yang seperti The Bavarians di Jerman, atau mungkin Eropa. Kekuatan ekonomi mereka yang sangat besar dibandingkan dengan pesaing domestik lainnya memberi mereka keuntungan dan tidak ada yang bisa bersaing.

Borussia Dortmund sempat menjadi ancaman, tetapi Bayern Munchen dengan kekuatan finansialnya, mendatangkan sejumlah pilar penting Dortmund sehingga melemahkan tim pesaingnya tersebut.

Juventus (8 dari 8 gelar Serie A): Yang tidak tahu apa itu krisis
Beberapa tahun terakhir klu-klub di Serie A tengah mengalami krisis finansial, namun Juventus seolah kebal dengan krisis tersebut dan diuntungkan dari keadaan yang menimpa klub-klub yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2