Mohon tunggu...
Zamroni AqibFakhrudin
Zamroni AqibFakhrudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 44 tentang Menghadapi Era Modern

19 September 2022   19:53 Diperbarui: 19 September 2022   20:55 150 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan progam kegiatan berupa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) sebagai pengganti KKN. PMM merupakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa, diantaranya yaitu kami dari kelompok 44 gelombang 8  dari Universitas Muhammadiyah Malang,  yag dimana kegiatan kami ada dosen pembimbing lapangan (DPL) yaitu  bapak  Erfan dani, SP., Mp.

Kelompok 44 gelombang 8 terdiri dari 5 orang progam ini  masuk dalam skema Bhaktimu Negeri yang memiliki sasaran Sekolah, panti asuhan, maupun desa. Pada kesempatan ini, kami selaku kelompok 44 gelombang 8 memilih MTSM 1 KOTA MALANG. Alasan kami memilih MTSM 1 KOTA MALANG  adalah dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan pengetahuan tentang manfaat perguan sehat  dan memberikan sedikit pengetahuan Tentang tanaman. Dari Cara budidaya, cara perbanyakan, cara merawat, hingga cara memamanfaatkan lahan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah ini  berlangsung selama 1 bulan dan dimulai pada 22 Agustus hingga 22 September 2022. Tahapan kegiatan yang dijalankan meliputi persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, pembuatan laporan, dan penyerahan laporan akhir. Kegiatan diawali dengan melakukan survei di MTSM 1 KOTA MALANG  dan mengajukan proposal ke pihak Sekolah .

Setelah pengumuman jumlah kelompok PMM, kami segera melakukan persiapan, termasuk membeli kebutuhan pokok seperti snack, bunga, cat lukis, dan banyak lainnya.

Dokpri
Dokpri

Kemudian Pada hari kamis, 25 Agustus 2022, dilakukan pembukaan PMM yang dihadiri oleh seluruh anggota dan ketua koordinasi kelompok 44, murid, dan guru.

Kegiatan diawali dengan sambutan ketua koordinator kelompok 44 serta perkenalan anggota kelompok 44 kepada murid, dan guru. lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh kepala sekolah MTSM 1 KOTA MALANG. Terakhir adalah sesi foto bersama dengan kepala sekolah dokumentasi kegiatan. Kegiatan pembukaan PMM ini berlangsung dengan lancar dan kegiatan PMM kami disambut dengan baik oleh murid dan guru MTSM 1 KOTA MALANG 1.

Dokpri
Dokpri
Hari senin 29 Agustus 2022 sampai dengan rabu 7 september 2022  kelompok 44 melakukan edukasi tentang Pentingnya menghindari narkoba, Stop bullying, Pergaulan sehat, dan Budidaya tanaman kepada siswa. Setelah memberikan edukasi kami juga mengadakan sesi tanya jawab kepada siswa sehingga dapat mengukur pengetahuan mereka, membuat siswa lebih aktif di kelas, dan membuat siswa siswa ini tidak merasa bosan .

Metode tanya jawab sangat baik untuk mengumpulkan ide atau gagasan siswa berdasarkan apa yang pernah mereka dapatkan melalui bacaan ataupun pengalaman. metode menanyakan sejauh mana siswa telah mengetahui materi yang telah diberikan, serta mengetahui tingkat-tingkat proses pemikiran siswa., tanya jawab disesuaikan dengan usia atau perkembangan mereka. Artinya, tanya jawab dilakukan secara jelas dan sederhana, yang sekiranya siswa dapat mengerti pertanyaan yang diberikan sehingga bisa menjawabnya meskipun masih sangat terbatas.

Dokpri
Dokpri
Hari kamis, 8 September 2022 kami Melakukan penghijauan di area sekolah dan pemeliharaan tanaman di area sekolah. Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan di setiap lingkungan khususnya lingkungan sekolah, karena lingkungan sekolah adalah tempat dimana guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar yang membutuhkan konsentrasi.selain itu penataan lingkungan sekolah menjadi Green School merupakan penataan lingkungan sekolah sehingga dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan