Zamhari
Zamhari

Islam tak terbagi '_"

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Lirik Lagu Manuk Dadali Versi Inggris yang Mendunia

10 Maret 2016   19:07 Diperbarui: 12 Maret 2016   10:20 61 0 0

[caption caption="Burung Garuda"][/caption]

Halo sobat, semoga dalam keadaan baik-baik saja. Berawal dari membaca harian kompas online, saya ingin meluahkan uneg-uneg saya terkait salah satu lagu daerah yang berhasil mencuri hatiku. Lagu daerah apakah itu? Mari simak kisah pemaparannya.

Waktu itu saya sedang browsing mengenai  tugas-tugas bisnis. Setelah penat, saya mencoba mencari hal-hal baru. Ya, apalagi bila tidak mencari lagu untuk di dengar sementara lalu kembali segar untuk bekerja. Dari selancar ke selancar, saya menemukan lagu daerah yang cukup membuat saya happy dan semangat untuk menjalani bisnis dari hari ke hari.

Lirik awalnya seperti ini;

Terbang melesat tinggi, jauh di awang-0awang

Merentang sayapnya, tegak tanpa ragu

Kukunya panjang dan paruhnya melengkung

Menyongsong langit dengan cergas terbangnya

Sangat tepat, lirik di atas adalah Lirik Lagu Manuk Dadali. Lagu ini diciptakan oleh Sambas Mangundikarta seorang penyiar sekaligus jurnalis papan atas. Kalau sahabat ingat, beliau adalah penyiar bola yang sangat fenomenal. Nada pembawaannya cukup membuat emosi para pendengarnya menjadi teraduk-aduk.

Lagu ini bernafaskan nasionalisme mengenai kesatuan dan persatuan Indonesia. Lagu ini juga mengisahkan pentingnya sebuah kehidupan berbhineka tungga ika. Hal tersebut mengingat bangsa Indonesia adalah bangsa yang diusung ileh berbagi tiang-tiang kebangsaan seperti budaya, agam, suku, ras, bahasa dan kekayaan-kekayaan lainnya yang bersumber dari daerah di Indonesia.

Lagu ini kembali tambah popular mendunia ketika lagu Manuk Dadali dinyanyikan Orchestra Direktorat Ajudan Jenderal dari Kodam III Siliwangi. Lagu Manuk Dadali tersebut mengiringi jalannya prosesi Historical Walk. Historical Walk semacam prosesi perjalanan para kepala Negara dari Hotel Savoy Homann ke Gedung Merdeka, Bandung. Ya, apalagi bila bukan rangkaian peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) KE 60, Jumat (24/4/2015), luar biasakan?

Wah, semoga banyak kekayaan-kekayaan Indonesia lainnya dari berbagai daerah juga dapat mendunia ya. Seperti lagu Manuk Dadali, lagu tersebut otomatis sudah didengarkan dari berbaga kepala Negara di kawasan Asia-Afrika yang hadir dalam konferensi tersebut. Oleh karena itu, bagi pembaca yang ingin mengetahui informasi terlengkap dan detail mengenai Manuk Dadali dapat di simak di Lirik Lagu Manuk Dadali. Kali ini penulis hanya ingin berbagi dalam versi Inggrisnya. Bila ada yang keliru, bias kita diskusikan dan kita benahi bersama ya lewat diskusi di forum ini.

English Translation

Intro C G F C-G-C

C…F C…G…C

C…

C

 

Shot flew high, far in the clouds

C                                                                F

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3