Mohon tunggu...
Zalfa Salsabila
Zalfa Salsabila Mohon Tunggu... Student from TSM

18'

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Di Era Industri 4.0 dan Society 5.0 Apakah Job Analysis Masih DiButuhkan di Dalam Perusahaan?

15 Mei 2021   22:48 Diperbarui: 15 Mei 2021   22:59 62 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Era Industri 4.0 dan Society 5.0 Apakah Job Analysis Masih DiButuhkan di Dalam Perusahaan?
Doc|Google

Revolusi industri 4.0 ini menekankan pada digitalisasi. Jadi, segala hal yang berkaitan dengan produksi bisa lebih efektif. atau istilah lain dari revolusi industri yaitu ada banyaknya teknologi yang bisa kita gunakan. misalnya kita butuh ojek untuk ke tempat yang diinginkan, kita tidak perlu lagi untuk mencari ojek tersebut, yang kita butuh kan adalah mengunduh aplikasi seperti go-jek, grab, untuk memesan secara online, dan nantinya dengan aplikasi tersebut kita tidak perlu mencari ojek lagi, karena dengan aplikasi tersebut ojek itu akan langsung menuju ke rumah kita. 

Sedangkan, Society 5.0 adalah masa di mana teknologi-teknologi ini menjadi bagian dari manusia. Si society 5.0 ini lebih mengarahkan bagaimana kita menggunakan teknologi itu sendiri. Apa kepentingannya. Landasan kita menciptakan ini dan itu, dan seperti apa kita bisa memanfaatkan dan hidup berdampingan dengan teknologi itu sendiri. 

Lalu di Era yang sudah sangat berteknologi ini apakah job analysis masih di butuh kan di dalam perusahaan?. Tentu saja Job Analysis masih di butuh kan di dalam perusahaan, walaupun akan banyak pekerjaan manusia yang di gantikan dengan mesin ataupun robot, namun tetap saja akan ada manusia yang bekerja di dalam perusahaan, dan mereka masih membutuhkan job analysis untuk pekerjaan mereka. misalnya saja pada Training Karyawan, lalu pada Recrutment. karyawan masih membutuhkan hal - hal tersebut dalam meningkatkan kompetensi yang mereka punyai. 

infaina.com
infaina.com
Di bandingkan dengan Era sebelum adanya Industri 4.0 Dan Society 5.0,  di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 job analysis yang akan di gunakan pastinya akan ada banyaknya perubahan. perubahan itu meliputi 3 aspek, seperti yang dikemukakan oleh Brannick, Michael T and Morgeson, Frederick P. dalam bukunya yang berjudul Job And Work Analysis. 3 aspek tersebut yaitu meliputi :

1. Changes In Society : Perubahan paling besar dalam pekerjaan mungkin berasal dari perubahan nilai-nilai sosial. baik demografis maupun Pendidikan bahwa pekerjaan akan menjadi semakin kompleks memungkinkan individu yang mempunyai berpendidikan tinggi dalam mengalami pertumbuhan dan tantangan di tempat kerja. contohnya mungkin kita bisa lihat pada 15 tahun kebelakan bahwa pekerja pria lebih banyak dari pada pekerja wanita namun sekarang berbeda, banyak pekerja wanita yang bekerja, bahkan lebih banyak dari pada laki-laki. banyak wanita yang berpendidikan tinggi sehingga mereka mampu untuk bekerja di bidang yang mereka inginkan.

2. Changes In Technology : Banyaknya perubahan pada mesin, misalnya tadinya mesin tersebut bisa di jalankan dengan manusia yang membantunya, namun sekarang, mesin tersebut bisa bergerak sendiri dan sedikit bantuan dari manusia seperti untuk mengisi baterai dsb.

3. Changes In Business Environment : Pada Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 akan bayak persaingan di dalam organisasi, lalu perusahaan pastinya akan membuat rancangan baru yang mereka belum punya lalu akan mereka dapatkan. banyak yang akan mengeluarkan ide-ide inovatif dan kreatif sebagai bentuk persaingan di dalam maupun di luar organisasi

Dengan Job Analysis Perubahan ini yang mendorong perusahaan untuk bisa bertahan di era ini, jika perusahaan tidak bisa merubahnya maka yang terjadi adalah perusahaan tersebut akan tertinggal, baik dari mesinnya hingga pikiran manusia tersebut. maka dari itulah diperlukan ide-ide inovatif dan kreatif dari orang-orang yang ada di perusahaan. dan atasan pun harus ikut serta dalam merubahnya. 

Jadi Penting ga sih adanya perubahan perusahaan mengenai job analysis di Era ini?

Zalfa Salsabila

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x