Mohon tunggu...
Zalfa Luthfiyah Fauzi
Zalfa Luthfiyah Fauzi Mohon Tunggu... Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kontribusi Mahasiswa UNS di Masa Pandemi Covid-19

9 Juli 2020   11:33 Diperbarui: 10 Juli 2020   14:58 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kontribusi Mahasiswa UNS di Masa Pandemi Covid-19
18-6-15-30-penyerahan-sembako-kepada-panti-5f081e1bd541df0c223362c4.jpg

Salah satu mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berbeda dari biasanya, KKN yang umumnya dilakukan secara berkelompok di sebuah desa ini dilakukan oleh mahasiswa UNS secara mandiri. Menurut arahan dari universitas, demi mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 KKN dilakukan di daerah masing-masing. Salah satunya yaitu Zalfa Luthfiyah Fauzi, mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS yang melakukan KKN di Desa Jogosari, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Drajat  Tri Kartono, M.Si KKN secara mandiri ini telah terlaksana pada 01 Mei sampai 19 Juni 2020 dimana dalam pelaksanaannya mahasiswa diminta melaksanakan KKN dengan tetap menjaga protokol kesehatan salah satunya yaitu tidak bertemu dengan orang dalam jumlah banyak, sehingga kegiatan diskusi dengan DPL pun dilakukan secara online.

KKN yang dilakukan oleh Zalfa ini memiliki 3 program kerja (proker) yang telah dilaksanakan. Proker pertama dilakukan dibidang pendidikan yaitu dengan membantu membuatkan modul pembelajaran diberbagai mata pelajaran. Proker ini dikoordinasikan bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu yang tentunya dilakukan secara online.

Penjualan sembako berharga murah yang ditargetkan kepada warga terdampak covid-19 serta pemberian sembako kepada panti asuhan mejadi program kerja kedua yang dilakukan oleh Zalfa. Sembako berharga lebih dari 50.000 rupiah bisa ditebus hanya dengan 5.000 rupiah demi mendukung perekonomian masyarakat. Tidak hanya sembako, demi mendukung protokol kesehatan masker dan aseptic gel juga diberikan. Sumber dana proker ini tidak hanya mengandalkan sejumlah uang yang diberikan oleh pihak universitas, namun dibuka program donasi bagi siapapun yang ingin berkontribusi dalam kelancaran proker ini.

Jika proker kedua ditarget kan kepada warga sekitar untuk membantu kebutuhan dan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan, proker ke-3 kai ini ditargetkan kepada kalangan muda yaitu dengan membagikan poster digital dan video edukasi pada media sosial seperti instagram yang berisi berbagai topik mulai dari cara mencuci tangan yang benar sampai apa saja yang perlu diketahui tentang new normal. Segala program kerja pada KKN ini dilakukan tidak semata-mata hanya untuk memnuhi mata kuliah wajib dari universitas namun diharapkan dapat membantu masyarakat diberbagai kalangan dalam berbagai bidang.

VIDEO PILIHAN