Mohon tunggu...
Zaky Zamani
Zaky Zamani Mohon Tunggu... Guru - Konseling Terapi Mind Art

Guru, Motivator, Penulis Pemula.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Indahnya Museum Barli, Membuka Wacana Pembelajaran dengan Seni Melukis

23 Maret 2022   23:00 Diperbarui: 23 Maret 2022   23:01 369 8 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bersama Adit Barli (Dokpri

Museum Barli terletak di jalan Prof. Ir. Sutami No.91, Sukasari, Sukarasa, kota Bandung, Jawa Barat 40152. Pendiri nya Bapak Barli Sasmita Winata, memiliki anak bernama Agung Barli yang juga seorang pelukis, dan memiliki cucu bernama Adit Barli juga seorang pelukis.

Asal muasal museum barli adalah rumah yang ditempati keluarga Pak barli. Pak barli seorang pelukis diwilayah Bandung pada tahun 1950 banyak karya-karya beliau, karena hari-harinya senang dengan melukis, pak barli mendapat beasiswa untuk pendidikan dibelanda jurusan seni. 

Pak barli awal belajar seni lukis bersama seniman Itali di Bandung, yang dipelajari hanya berupa menggambar atau melukis figur/photo wajah, pak barli juga pernah menjadi seorang wartawan Indonesia di bagian dokumentasi perang. Museum barli dibuka tahun 1951 sampai saat ini.

Pak barli masuk dalam kelompok lima pelukis Nasional diantaranya: Affandi, Hendra Gunawan, Barli Sasmita Winata, Sudarso, Wahdi. Salah satu Karya pak Barli "Logo Siliwangi" yg ada saat ini. pak barli memiliki anak namanya Agung Barli seorang pelukis nasional memiliki aliran lukisan abstrak. generasi lukis Bandung di museum barli.

Museum Barli juga membuka sanggar lukis yang saat ini dikelola oleh pak Adit Barli bin Agung Barli, sebagai cucu nya pak Barli yang juga profesi nya sebagai pelukis. Sanggar Museum Barli juga mengajak anak-anak jalanan untuk belajar melukis.

Adit Barli juga suka mengunjungi teman-teman disekitaran Bandung yang memiliki keahlian atau mengajak mereka membuat karya dalam bidang seni. tujuan pak Adit untuk mengajak anak-anak dan remaja membuat karya seni dan menggambar supaya bisa membangkitkan kreatif dan imajinatif anak dan remaja, supaya tidak takut berekspresi dan ada interaksi antar mereka sehingga terjalin kerjasama dalam membuat lukisan. jadinya ada hubungan habluminanas.

Saat ini  karya pak barli dan semua karya pelukis dari keluarga pak barli Sasmita Winata ada di rumah pak barli yang sekarang sudah difungsikan menjadi Museum Barli, Ruang santai sambil menikmati kopi barli dan terpampang lukisan karya keluarga Barli berada di Lt.1, ruang pamer Karya lukisan keluarga Barli ada di Lt.2,  dan ruang melukis (sanggar) lukis museum barli di Lt.3.

Salam Literasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan