Mohon tunggu...
Zakiyatul AudahNur
Zakiyatul AudahNur Mohon Tunggu... T20176011

Tugas

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perbandingan Perkembangan Ilmu Fiqih dari Masa ke Masa hingga Sekarang

30 Oktober 2020   11:09 Diperbarui: 30 Oktober 2020   11:28 17 2 0 Mohon Tunggu...

Perjalanan perkembangan sejarah ilmu fiqih dapat kita ketahui sangatlah berliku liku. Kita dapat pelajari terkait sejarah perkembangan ilmu fiqih dari zaman rasulullah hingga zaman sekarang pada blog blog sangatlah lengkap tapi pada tulisan saya kali ini, saya akan mengulas singkat dan jelas terkait perkembangan ilmu fiqih dari masa Rasulullah hingga saat ini.

Tak dapat kita pungkiri bahwa berbagai masalah yang terjadi dalam perkembangan ilmu fiqih sangatlah rumit, tetapi Nabi Muhammad Saw selalu berusaha memecahkan dan menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi pada waktu itu. Dengan di bantu oleh para sahabat sahabat nabi dan para fuqaha, mereka berusaha menemukan titik permasalahan dan menemukan solusi secara bersama sama. Setelah Nabi Muhammad Saw wafat maka bergantilah pemegangan kekuasaan atas ilmu fiqih kepada para sahabat tabi'in yang menggantikam posisi nabi Muhammad Saw dan pada saat itulah problematika semakin banyak terjadi yang mengakibatkan banyaknya kesalahpahaman di antara para tabi'in dan para fuqaha dalam menyelesaikan problematika sampai pada akhirnya terjadilah suatu masa dimana masa itu adalah masa kehancuran ilmu fiqih yang di karenakan ketidak becusan dan terjadinya salah pandangan yang berkepanjangan terhadap para fuqaha fuqaha ilmu fiqih.

Seiring dengan berjalannya waktu para quhaha terus berusaha menemukan titik permasalahan dan solusi sampai pada akhirnya bangkitlah kembali ilmu fiqih yang telah melemah sehingga kembali kokoh lagi berkat peejuangan para sahabat dan para fuqaha pada waktu itu.  Sehingga ilmu fiqih dapat berkembang dengan baik dan sangat pesat hingga saat ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x