Mohon tunggu...
Zairiyah kaoy CH CHt
Zairiyah kaoy CH CHt Mohon Tunggu... Penulis Informatif dan Inspiratif, Hypnoterapis.

Banyak yang abai kepada sisi psikologis diantara sesama, menulis dan memberi informasi positif untuk meredakan kesalahpahaman dalam setiap hubungan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Seberapa Penting Kalimat Motivasi dalam Hidup Kita

18 Mei 2021   09:30 Diperbarui: 18 Mei 2021   09:42 179 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seberapa Penting Kalimat Motivasi dalam Hidup Kita
Sumber. Shutterstock/saya bisa motivasi diri

Kalimat motivasi sering sekali kita dengar dan baca dari blog hingga media sosial banyak orang. Mengapa mudah sekali menuliskan tentang kalimat-kalimat itu? Dan seolah menggurui dan masih banyak lagi komentar mengenai kalimat-kalimat motivasi yang beredar?. Tentu ada alasan tersendiri bagi mereka yang membuat kalimat-kalimat penguat tersebut.

Kalimat seperti ini pastinya sering kita dengar dalam keseharian kita. Contohnya ketika kita melihat anak kita sedang kehilangan semangat saat bangun pagi dan ingin memulai proses belajarnya di-sekolah atau daring "aku males ma, pingin di-rumah aja sama mama, papa". Jawaban kita "loh, kamu kenapa nak?, ayo semangat donk, kamu pasti bisa mengerjakan tugas-tugas dari guru".

Mengapa anak kehilangan semangat belajarnya?, banyak kemungkinan yang terjadi, bisa karena anak kekurangan dukungan secara morilnya, tidak terlalu diperhatikan guru atau teman, jenuh dengan kegiatannya, dll. Menurunnya semangat ini yang membuat mereka kehilangan orientasi belajarnya. Pada saat itulah sang anak butuh motivasi.

"aku harus kurus nih, supaya bajuku muat semua" akhirnya kita melakukan aksi dengan berolahraga, "pa, de, enak ga masakan mama?" sang anak menjawab "hmm enak banget ma, masakan mama selalu enak", kalimat ini berisi motivasi karena ketika bunda mendengar kalimat itu bunda akan menjadi bersemangat untuk memasak aneka makanan buat keluarga tercinta.

Apa saja sebenarnya manfaat kalimat motivasi dan quote-quote tersebut?, apa perbedaan kata pujian dan motivasi? Dan kapan kita membutuhkan kalimat-kalimat tersebut dalam hidup kita, berikut penjelasannya:

Sumber. shutterstock/konsep motivasi dengan elemen bisnis.
Sumber. shutterstock/konsep motivasi dengan elemen bisnis.
Manfaat Kalimat Motivasi

Tentunya dapat kita pahami kalimat diatas, bahwa kalimat motivasi tujuannya untuk lebih menyemangati diri sendiri atau orang lain yang sedang kehilangan tujuan hidupnya. Bila hati tidak mendapat dukungan melalui kalimat yang bersifat memberi jalan dan dukungan tentunya batin akan merasa sedih dan berakhir dengan perasaan, bahwa "kita tidak berguna", dll. Ketika semangat turun maka yang terganggu adalah perasaannya, dan perasaan yang terus menurun tersebut menyebabkan insecure dan kehilangan kepercayaan dirinya.

Sejak pagi hingga malam hari sering kita mendengar kalimat motivasi ini di dalam rumah kita sendiri bahkan pada saat ada kemalangan di-antara keluarga "saya turut berduka atas kepergian.., semoga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan",  "kamu tenang yah, dia memang seperti itu semoga dia berubah", dll. Kalimat motivasi selalu berisi Bahasa yang menyemangati seseorang dan selalu menghiasi keseharian.

Terkadang kita mengcluster status sosial bahwa yang berhak memberikan kalimat motivasi hanyalah orang yang sudah punya nama besar saja. Tentunya semua orang berhak memberikan kalimat motivasi untuk dirinya maupun orang lain. Tidak ada pengecualian terhadap penulisan kalimat "membangkitkan" ini dan berhak dilakukan oleh siapa saja yang membutuhkannya.

Namun karena orang besar sudah memiliki nama dan telah melalui proses dalam keberhasilan menjalani hidupnya dengan penuh motivasi tersebut, maka kalimat mereka akan terdengar dan didengarkan. Proses yang telah dilalui itu merupakan bukti dari kalimat yang tertulis dalam quotes mereka dan membagikannya kepada orang banyak sebagai lentera.

Motivasi juga dapat bersifat non verbal. Hanya dengan melihat perubahan hidup seseorang yang signifikan atau lebih baik dari sebelumnya kita dapat termotivasi. Dapat juga dari orang-orang yang ada dibawah kita atau bahkan dari anak kecil sekalipun. Orang sekitar merupakan guru untuk memaknai hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x