Humaniora

Silaturahim Kaum Muda dengan Menko PMK dan DMI

7 Juni 2018   01:48 Diperbarui: 7 Juni 2018   02:34 592 0 0
Silaturahim Kaum Muda dengan Menko PMK dan DMI
Spri TB2 (dokpri)

Kaum muda yang terhimpun dalam Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) bersilaturahim dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, dan Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Pol Drs Syafruddin MSi, di Auditorium Mutiara PTIK, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Juni 2018.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Ketua Panitia, Son Haji Ujaji, mengungkapkan bahwa kegiatan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama tersebut, dihadiri 50 OKP tingkat nasional berbasis keagamaan. "Mereka berasal dari kaum muda jaringan NU, Muhammadiyah, Mathlaul Anwar, Pelajar, Profesi, pemuda dan remaja masjid, serta para tokoh dan eksponen yang kinik menjadi pemimpin di lembaga strategis," urainya.

Spri TB2 (dokpri)
Spri TB2 (dokpri)

Presidium Generasi Harmoni Indonesia yang menggagas hajatan ini, Munaswar Fuad, mencetuskan bahwa bersama DMI seluruh kaum muda menyuarakan harmoni untuk Indonesia. Ia memuji antusiasisme Menko PMK untuk bertemu dan berdialog dengan kaum muda Indonesia. "Mbak Puan telah menjadi bagian dan keluarga besar aktifis KNPI dan OKP di negeri ini, Kami dukung tugas dan perannya agar sukses memimpin sektor strategis, dalam rangka menyiapkan generasi unggul dan harmoni untuk Indonesia," jelasnya.

Spri TB2 (dokpri)
Spri TB2 (dokpri)

Maka Iapun  sangat optimis, bahwa gerakan harmoni Indonesia akan terus hadir merespon, memberi solusi dan menjawab masalah keumatan dan kebangsaan. "Ini supaya titik keseimbangan terus terjaga, selalu damai, rukun, toleran dan gotong royong memajukan Indonesia. Sebab, pemuda menjadi pelopor dan penjaga harmonisasi bangsa," cetusnya. 

Spri TB2 (dokpri)
Spri TB2 (dokpri)

Sedangkan Puan Maharani mengatakan, "Saya sangat optimis bahwa kedamaian, kerukunan dan harmonisasi hidup beragama akan terwujud apabila semua pimpinan keagamaan dan umat beragama saling bergandengan tangan, serta menumbuhkan kesadaran bahwa perbedaaan dan keberagaman adalah anugerah yang alamiah."

Persatuan dan toleransi, jelasnya,  harus dibangun dan diperjuangkan. "Karenanya, mari kita letakkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi, di atas kepentingan kelompok dan golongan. Kita harus hormat menghormati, dan tentu saja menjaga keberagaman dan saling bertoleransi dalam menjaga kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara." tuturnya.

Spri TB2 (dokpri)
Spri TB2 (dokpri)

Sementara itu, Syafruddin, mengapresiasi dan menyambut baik gagasan harmoni untuk Indonesia, dan harus dilanjutkan sampai ke ujung tombak, kecamatan sampai ke desa-desa. "Untuk itu DMI menawarkan masjid menjadi tempat untuk gerakan harmonisasi ini," ucapnya.

Sebab pada hakekatnya, lanjut Syafruddin, masjid adalah tempat segala-galanya. "Masjid adalah tempat kedamaian. Masjid bukan hanya tempat ibadah, tetapi tempat menfasilitasi kegiatan apa saja untuk kemaslahatan umat manusia," katanya.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Istimewanya, dalam acara ini diluncurkan lagu bertema semangat bersama memakmurkan masjid karya budayawan Aceh, Rafly Kande. Lagu ini terinspirasi dari Ketua Umum DMI, HM Jusuf Kalla, dengan gerakan membangun masjid untuk umat dan bangsa.

ZT -Jakarta, 6 Juni 2018