Mohon tunggu...
zain al Jamil
zain al Jamil Mohon Tunggu... Manusia bermanfaat

Follow me

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Sentra Indutri Menengah Kecil (IKM) Sebagai Pemulihan Ekonomi di Bangkalan Ketika Pandemi

23 Januari 2021   01:33 Diperbarui: 23 Januari 2021   01:41 58 4 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sentra Indutri Menengah Kecil (IKM) Sebagai Pemulihan Ekonomi di Bangkalan Ketika Pandemi
sumber gambar

Covid-19 atau virus corona telaht ersebar ke hampir seluruh negara di dunia sejak terindikasi muncul pertama kali di salah satu kota di provinsi Hubei China yakni Wuhanpada awal tahun 2020. Covid-19 telah menyebabkan ketakutan dan kepanikan tidak hanya di China, tetapi telah menyebar ke seluruh dunia. Menurut data statistik John Hopkins University di Amerika Serikat episentrum virus corona berasal dari pasar ikan laut dan hewan di kota Wuhan Provinsi Hubei China. Hampir 82% dari sekitar 75.000 kasus virus corona berasal dari kota Wuhan (BBC.com., 27 April 2020).

Penyebaran dan peningkatan jumlah kasus covid-19 terjadi dengan waktu yang sangat cepat akan berdampak pada penurunan perekonomia Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan pemerintah untuk menangani wabah yang sedang terjadi saat ini dan melihat dampak ekonomi yang terjadi di Indonesia. covid-19 secara tidak langsung dapat menimbulkan pemerosotan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dampak pada sector ekonomi akibat pandemi covid-19 di Indonesia antara lain terjadinya PHK, terjadinya PMI Manufacturing Indonesia, penurunan impor, peningkatan harga (inflasi) serta terjadi juga kerugian pada sector pariwisata yang menyebabkan penurunan okupansi. Akibat dari hal ini diharapkan pemerintah Indonesia untuk lebih sigap dalam menangani penurunan pertumbahan ekonomi di Indonesia yang diakibatkan dari pandemi covid-19.

sumber gambar
sumber gambar

Di Bangkalan terdapat centra Industri Kecil Menengah (IKM) yang berada di akses jalan suramadu, dengan di bukanya Industri Kecil Menengah (IKM) diharapkan dapat menjadi daya dorong peningkatan ekonomi di Bangkalan ketika pandemi saat ini. IKM di Kabupaten Bangkalan saat ini berjumlah 46 kelompok yang terbagi dalam tiga golongan. Yakni golongan usaha kecil menengah sebanyak 15 IKM, golongan usaha menengah 9 IKM, dan sebanyak 22 IKM golongan usaha mikro atau rumah tangga. 

Banyak sekali berbagai produk makanan yang berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Bangkalan. Di centra IKM ini juga terdapat menu-menu makan khas dari Bangkalan yang setiap harinya berbeda-beda menu yang dapat pengunjung nikmati ketika berada disana, tentu saja tidak gratis namun tidak sampai menguras isi dompet dan kantong. Dengan dibangunnya centra IKM tersebut diharapkan dapat meningkat perekonomian Bangkalan dan juga meningkatkan kuliat produk yang dihasilkan oleh setiap golongannya. 

VIDEO PILIHAN