Tulisan berikut ini adalah prinsip-prinsip pembelajaran yang diteliti oleh Rosenshine dari College Education pada University of  Illinois berdasarkan pada tiga praktek pembelajaran di kelas. Prinsip-prinsip ini berasal dari tiga sumber, yaitu 1. riset sains kognitif; 2. riset guru master, dan 3. riset bantuan kognitif siswa. Prinsip pembelajaran penting bagi guru Prinsip-prinsip yang dimaksudkan adalah: 1. Memulai pelajaran dengan ulasan singkat pelajaran sebelumnya; 2. Memulai materi pelajaran baru dengan langkah-langkah kecil bersama siswa setelah setiap langkah dipelajari, 3. Tanyakan banyaknnya persamaan dan cek respon pada seluruh siswa, 4. Menyediakan model; 5. Membantu praktek siswa; 6. Cek untuk pemahaman siswa; 7. Capai perolehan tingkat keberhasilan yang tinggi; 8. Sediakan perancah/tahap-tahap untuk tugas-tugas yang sulit; 9. Diperlukan dan dimonitor praktek secara bebas; dan 10. Melibatkan siswa dalam mengkaji ulang dalam minggu dan setiap bulan. ---- American Educator, Spring 2012 Bandar Lampung, 11 April 2013