Mohon tunggu...
Zainal Arifin
Zainal Arifin Mohon Tunggu... Pelajar peradaban

Pelajar peradaban

Selanjutnya

Tutup

Karir

Jurusan Kuliahmu Tidak akan Menjamin Masa Depanmu

28 Maret 2020   02:44 Diperbarui: 28 Maret 2020   02:53 40 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam hidup, ada momen-momen krusial yang kerap bikin bimbang. Ini nih beberapa hal yang bikin galau orang indonesia:

Kalau gak bisa masuk sekolah favorit, saat memutuskan harus ambil jurusan apa buat kuliah, ditanya kapan nikah,ditanya kapan punya anak,ditanya kapan nambah anak (gak sekalian ditanya kapan mati?)

Yoi, memutuskan harus ambil jurusan apa selepas SMA memang jadi biang kegalauan hampir semua orang. Rasa-rasanya masa depan akan ditentukan dari jurusan yang akan dijalani. Kalau gagal masuk jurusan impian, patah hatinya ngalahin ditolak gebetan yang sudah dikejar bertahum-tahun. Emangnya bener ya, jurusan waktu kuliah sangat penting bagi kesuksesan kita?

1 . Memilih Jurusan Kadang Cuma Masalah Mana yang Lebih Keren

Tidak jarang, keputusan untuk memilih jurusan bukan didasarkan pada kemauan pribadi, melainkan hanya berdasarkan seberapa keren jurusan tersebut akan terlihat didepan kawan-kawanmu. 

Selepas SMA kamu lebih mengesampingkan apakah jurusan yang kamu pilih memang akan berguna di dunia kerja. Selama terlihat keen, kamu pilih aja deh.

Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pangan(TPHP)  akan jauh terlihat cupu dibandingkan Hubungan Internasional. Padahal didunia kerja yang nyata lulusan TPHP akan banyak dibutuhkan karena industri kreatif Indonesia notabene negeri agraris sedang berkembang pesat

2 . Jurusan itu Bukan Harga Mati, Selama Kamu Tetap Fleksibel Terhadap Semua Kemungkinan

Kalau kamu percaya terhadap kekuatan yang lebih besar darimu, pasti kamu sepakat bahwa tidak ada hal yang terjadi tanpa punya makna. Apapun jurusanmu saat ini, kamu sedang dipersiapkan untuk mengambil sesuatu darinya yang akan bermanfaat bagi masa depan mu kelak.

Mungkin bukan dari pelajarannya secara langsung. Bisa jadi kesempatanmu akan datang dari temanmu,dosenmu atau dari organisasi yang sedang kamu ikuti. Intinya jangan merendahkan kesempatan yang datang ke hidupmu. Dijurusan apapun kamu sedang belajar saat ini, always bring your A game every time.

Udah gak usah galau meskipun kuliah dijurusan yang dianggap  kurang menjanjikan? Masa depan itu kamu sendiri yang menentukan kok!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x