Mohon tunggu...
Dwi nurazizah
Dwi nurazizah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Ijhad walaa taksal

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Negara Mengandung Nilai Konstitutif

15 Maret 2020   23:50 Diperbarui: 16 Maret 2020   01:16 7 0 0 Mohon Tunggu...

 Istilah negara secara terminologi itu apa sih?negara dapat diartikan sebagai organisasi tertinggi di antara satu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup dalam suatu kawasan dan memiliki pemerintah yang berdaulat. Pengertian yang mengandung nilai konstitutif yang dimiliki olh pemerintah yang berdaulat. 

Sebagai sebuah organisasi kekuasaan dari kumpulan orang-orang yang mendiaminya pastinya mempunya tujuan ,salah satu tujuannya yaitu untuk mencapai kesejahteraan umum.

Ialah masyarakat maupun pemerintah mengalami keamanan, hidup damai, tentram. Melainkan bukan hanya pemerintah saja yang hidupnya aman, tentram dan damai tetapi masyarakat juga karena adanya masyarakat negara bisa berkembang dan tanpa adanya masyarakat negara akan mati. 

Negara yang berkonstitusi telah dijelaskan bahwa ialah negara yang berdaulat. Pengertian konstitusi sendiri adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintah negara yang biasanya terbentuk dengan dokumen tertulis yang membahas prinsip yang menjadi dasar peraturan.

Salah satu pengertian  konstitusi menurut para ahli yaitu naskah yang memaparkan rangka dan tugas pokok dari badan pemerintahan suatu negara dan menentukan pokok cara kerja badan tersebut. Salah satu fungsi konstitusi secara umum ialah membatasi kekuasaan pemerintah agar tidak terjadi kesewenangan yang dapat dilakukan pemerintah.

Meskipun begitu pemerintah masih saja sewenang-wenang dengan kekuasaan mereka. Seperti contoh saat para pejabat turun lewat jalan mereka seolah-olah adalah pejabat yang harus selalu dihormati, mereka berlomba-lomba adu kecepatan dan menguasai jalan, padahal kita itu sama.

Sama-sama hidup dalam naungan negara yang mempunyai tujuan yaitu kesejahteraan umum. Ingin mencari lesejahteraan ,kebersamaan,persatuan dan kesatuan bukan hanya perintah saja yang ingin negaranya sejahtera maupun rakyatnya.

Pemerintah kurang memperhatikan bagaimana nasib rakyat yang di daerah pelosok negeri meskipun pemerintah juga banyak yang diperhatikan, tetapi sebagai pemerintah nemang harus berlaku adil pada setiap warganya. Saat pemilu diawal terdapat asas-asas LUBERJURDIL, kata-kata yang terakhir yaitu maksudnya pemerintah seharusnya bersikap adil untuk memperhatikan warganya. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x