Mohon tunggu...
Zahrotun Nisa
Zahrotun Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030017

Sedang belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

5 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Kehamilan Demi Bayi yang Sehat

15 Maret 2021   23:14 Diperbarui: 15 Maret 2021   23:39 106 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Kehamilan Demi Bayi yang Sehat
kompas.com

Kehamilan merupakan momen yang sangat dinanti untuk setiap pasangan suami istri, apalagi bagi mereka yang memang sudah menantikan buah hati sejak lama.

Jika pasangan suami istri sudah siap, disarankan untuk memperhatikan beberapa persiapan sebelum hamil.

Mengapa perlu persiapan sebelum kehamilan?

Merencanakan kehamilan adalah hal yang penting, agar kehamilan yang terjadi sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dan persiapan kehamilan juga tidak bisa dilakukan asal-asalan, hal itu dilakukan untuk menghindari masalah kehamilan dan yang paling parah adalah cacat lahir.

Tentunya kita tidak menginginkan hal itu terjadi, kita pasti ingin melahirkan bayi yang sehat oleh karena itu, persiapan sebelum hamil sangat diperlukan. Alasan lain pentingnya mempersiapkan kehamilan yaitu agar tubuh kita siap, dan nyaman selama masa kehamilan.

Banyak sekali hal-hal yang perlu dipersiapkan baik itu dari segi mental, kesehatan, materi dan makanan. Hal tersebut penting karena masa kehamilan adalah saat-saat yang penting sebelum buah hati ada di dekapan orang tua. Kehamilan yang sehat akan berdampak baik juga untuk jabang bayi. Berikut 5 hal yang perlu kamu persiapkan sebelum kehamilan:

Makanan yang sehat

Hal yang jarang diperhatikan yaitu pola makan yang sehat, padahal makanan adalah hal utama yang harus diperhatikan agar ibu dan janin sehat. Memperhatikan gizi merupakan hal penting untuk kesehatan kamu, terutama agar indung telur berkualitas dan memperbesar kesempatan untuk hamil.

Sebelum hamil kondisi sang ibu harus benar-benar diperhatikan, pola makan dapat berpengaruh pada indung telur, jika nutrisi yang dibutuhkan oleh indung telur terpenuhi, indung telur akan lebih berkualitas.

Asam folat menjadi sangat penting untuk dikonsumsi, kekurangan asam folat bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan cacat. Untuk kebutuhan asam folat bagi ibu hamil adalah 400-600 mikrogram (mcg) pada setiap harinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x