Mohon tunggu...
Zahrotun Nisa
Zahrotun Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030017

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030017

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Seblak sebagai Primadona dan Penguat Pertemanan Para Wanita

4 Maret 2021   20:32 Diperbarui: 4 Maret 2021   20:59 115 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seblak sebagai Primadona dan Penguat Pertemanan Para Wanita
dokumentasi pribadi

Kota Bandung, kota yang terkenal dengan cewek-cewek cantiknya dan tentu saja daerahnya yang sebagian besar daerah yang masih asri dengan pegunungan indah, gunungnya yang terkenal yaitu Gunung Tangkuban Parahu. Hutannya pun masih sangat banyak dan sangat terjaga.

Satu lagi nih yang terkenal dari Bandung yap tentu saja makanan-makanan yang menggugah selera memaksa lidah orang-orang untuk mencicipi setiap makanan yang ada di Bandung. Dengan rempah-rempah khas Sundanya, yakni makanan Sunda selalu identik dengan masakannya yang manis.

Siapa si yang tidak mengetahui jajanan seblak, seblak merupakan masakan khas Bandung yang terdiri dari rempah-rempahnya yang identik dengan kencur, kencur rasanya wajib untuk ditambahkan jika ingin memasak jajanan khas Bandung ini. 

Jika kamu membeli seblak dan ketika memakan seblak itu tidak ada rasa kencurnya sama sekali, sudah pasti itu bukan seblak, kamu mungkin sudah ditipu oleh penjual seblak itu. 

Tidak hanya kencur, telur yang diaduk, kerupuk yang direbus, dan mie juga merupakan bagian penting dari seblak yang enak. Dan biasanya sayuran pun turut serta menjadi bagian dari seblak. Ada banyak varian seblak contohnya saja seblak batagor, seblak siomay, seblak kwetiau, seblak ceker, dan masih banyak lagi.

Apakah seblak merupakan makanan yang tidak ada gizinya sama sekali? karena di dalam seblak yang pedas terdapat rasa pedas yang bersumber dari cabe rawit, yang mana cabe rawit mengandung betakaroten, vitamin C, dan B6 yang manfaatnya sebagai pencegah kanker loh.

Selain itu seblak juga terdiri dari rempah-rempah yang salah satunya adalah kencur. Kencur merupakan jenis tanaman obat yang bagus untuk lambung oleh sebab itu, kencur dikonsumsi oleh orang-orang yang sering meminum jamu.

Dan yang paling penting dari seblak adalah rasa pedas yang menggoyang lidah dan perut. Rasanya kalau memakan seblak tapi tidak pedas itu terasa hampa. Hal inilah yang membuat pencinta pedas selalu memburu seblak. Ketika kita membeli seblak, kita bisa request seberapa pedasnya seblak yang akan kita beli, misalkan biasanya kita akan ditanya oleh penjualnya untuk memilih level pedasnya mulai dari yang level 1 sampai yang ekstra pedas setan.

Jajanan khas Bandung ini selalu menjadi primadona di setiap kota di setiap daerah yang tersedia tidak hanya di Bandung saja loh. Makanan sederhana,enak dan mudah untuk dibuat adalah alasan yang menjadikan seblak sebagai salah satu makanan primadona orang-orang.

Sudah banyak sekali atau bahkan mungkin setiap daerah pasti ada yang berjualan jajanan yang satu ini. Bukan hanya rasanya yang enak tetapi juga seblak sangat banyak peminatnya, dibuktikan dengan semakin bertambahnya kedai-kedai yang menyediakan seblak. Mulai dari gerobak-gerobak dipinggir jalan, kedai makanan di tempat tongkrongan sampai ke restoran-restoran besar terkenal hampir semuanya menyediakan jajanan yang satu ini.

Kuahnya yang panas dan pedas membuat kita selalu ketagihan untuk memakannya, oleh sebab itu seblak sangatlah banyak peminatnya di kota manapun tidak hanya di Bandung saja. mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, atau bahkan di luar Jawa pun sudah banyak yang mulai membuka peluang berjualan seblak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN