Mohon tunggu...
Naila Zahrotun Nikmah
Naila Zahrotun Nikmah Mohon Tunggu... The Queen of Happiness

Alam menginspirasi, manusia berimajinasi. Jika saya seorang penulis, saya akan memiliki kutipan bio yang lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Eksistensi dan Pesona Aglonema di Desa Ngemplak Kidul Pati

18 November 2020   13:07 Diperbarui: 18 November 2020   13:10 177 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Eksistensi dan Pesona Aglonema di Desa Ngemplak Kidul Pati
Dok. pribadi

Salah satu tanaman hias daun yang sedang digandrungi para pecinta tanaman dan bahkan mendapat julukan "Ratu Daun" adalah Aglonema. Tanaman hias sekarang mulai banyak digandrungi oleh masyarakat dan pecinta tanaman hias. Di pasaran, tanaman hias ini bisa dijual dengan harga puluhan ribu bahkan ratusan ribu, tergantung jenis dan jumlah daunnya.

Aglonema adalah jenis tanaman hias daun yang cukup populer saat ini. Tanaman hias ini mampu menarik perhatian pecinta tanaman hias lantaran kecantikan bentuk dan warnanya yang eksotis dan memanjakan mata.

Tidak heran kalau tanaman aglonema menjadi primadona pecinta tanaman hias dan mendapat julukan "Ratu Tanaman Hias Daun".

Aglonema atau yang akrab dijuluki Sri Rejeki atau dikenal pula sebagai Chinese Evergreen adalah tanaman terbaik untuk para pemula atau bagi mereka yang sibuk beraktifitas di luar rumah.

Pasalnya tanaman ini mampu tumbuh kokoh dan toleran di hampir setiap kondisi dalam ruangan. Ia mentolerir cahaya sebagian dan juga tumbuh baik di tempat yang terang, bahkan baik-baik saja jika diletakkan di dalam ruangan dengan cahaya lampu neon.

Begitupula yang terjadi pada masyarakat di desa Ngemplak Kidul, mereka semua seperti sedang berkompetisi dalam menanam tanaman hias di rumah mereka. Tak dapat dipungkiri bahwa pesona aglonema juga menjadi perbincangan dan tak diragukan lagi eksistensinya dalam lingkungannya.

Menurut mereka, selain perawatannya yang mudah dan sangat cantik untuk menjadi hiasan di rumah karena keindahan daun-daun yang berwarna dan punya motif yang variatif, tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat lain bagi lingkungan maupun kesehatan kita.

Lalu apasih yang muncul dalam benak kita ketika ditanya apa manfaat tanaman hias itu? pasti kita berpikir "Ya namanya juga tanaman hias, tentu digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah" 

Jawaban ini tidak salah sih, tetapi tentunya manfaat tanaman hias tidak melulu mengenai estetika dan tampilan ruangan, masih ada serangkaian manfaat lain dari tanaman hias. Berikut merupakan manfaat dari tanaman hias,

  • Menghilangkan partikel beracun dari udara

Ternyata tanaman hias tidak hanya berfungsi menyegarkan mata saja, tetapi juga membantu kita untuk menyegarkan pernapasan. Ini terbukti berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NASA yang mengungkapkan bahwa english ivy, bunga krisan, peace lily, dan berbagai spesies tanaman hias lainnya terbukti ampuh menghilangkan partikel polutan dari udara.

Tanaman-tanaman ini mampu menyaring dan menghilangkan kandungan benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia dari udara -- bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan alergi.

  • Mencegah penyakit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN