Mohon tunggu...
Zahrotan Nafisa
Zahrotan Nafisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Zahrotan Nafisa

Panggil saja Nafisa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mengajar Ngaji di Pondok Pesantren Terdekat

19 Mei 2022   03:15 Diperbarui: 19 Mei 2022   03:32 74 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengajar berasal dari kata ajar yang mempunyai arti yaitu menyampaikan pengetahuan, informasi kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan mengajar, gurulah yang memiliki peran terpenting dalam proses pembelajaran. Guru yang mengajar siswa, guru yang memberikan pengetahuan maupun informasi. Hal ini berarti tugas siswa hanyalah untuk memperoleh atau menguasai pelajaran yang telah diajarkan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Adapun pengertian mengajar menurut beberapa ahli :

Yang pertama menurut Nasution (1982:8), menurutnya mengajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam mengorganisasi atau mengatur lingkungannya kemudian menghubungkannya kepada peserta didik sehingga dapat dikatakan bahwa hal ini terjadi adanya proses belajar mengajar.

Yang kedua menurut Usman (1994:3), menurut beliau mengajar merupakan suatu proses membimbing, maupun usaha untuk mengorganisasi lingkungan disekitar yang dihubungkan dengan peserta didik dalam pengajarannya yang menimbulkan terjadinya suatu proses belajar mengajar.

Yang ketiga menurut HR Ibn Abdil-Barr, menurutnya mengajar adalah cara terbaik untuk bersedekah. Mengapa demikian? Karena mengajar merupakan suatu proses dimana kita mengajarkan suatu ilmu kepada seseorang, sehingga bisa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Yang keempat menurut Roymond H. Sinamora, mengajar merupakan perilaku kompleks. Dimana dalam penggunaan secara integratif komponen yang ada pada tindakan mengajar dengan tujuan dalam penyampaian pesan pengajarannya akan tersampaikan.

Yang kelima menurut George Picket & John J. Hanlon, menurutnya mengajar merupakan profesi dan juga keterampilan. Karena setiap individu tidak semua mendapatkan tantangan tersebut yang berdasarkan dalam pelatihan, temperamen maupun yang didapat dalam pengalamannya.

Yang keenam menurut Gulo, menurutnya mengajar merupakan proses usaha dengan tujuan untuk menciptakan suatu lingkungan yang memungkinkan untuk terjadinya proses pembelajaran antara guru dengan peserta didik.

Yang ketujuh menurut Hamalik, menurut beliau mengajar merupakan suatu kegiatan proses menyampaikan pengetahuan, mengorganisasi lingkungan, memberikan bimbingan serta mewariskan kebudayaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa menjadi generasi masa depan yang baik dan membantu siswa dalam menghadapi kehidupan di lingkungan masyarakat sehari-hari.

Yang kedelapan menurut Muhammad Ali (1992:12), menurut Muhammad Ali sendiri mengajar merupakan suatu usaha dengan disengaja dalam memberi memberi pengajaran kepada peserta didik agar tercapainya tujuan yang telah dirumuskan. Dalam proses pembelajarannya sendiri, siswa belajar dengan upaya disengaja dan penuh rasa tanggung jawab untuk mencapa tujuannya.

Sedangkan mengaji  memiki arti suatu proses belajar atau mempelajari. Mengaji adalah suatu aktivitas membaca Al-Qur'an atau membahas kitab-kitab oleh penganut agama Islam. Mengajar ngaji merupakan suatu proses aktivitas antara guru dan murid dalam pengajarannya yaitu membaca, maupun memahami Al-Qur'an maupun kitab-kitab Allah lainnya. Aktivitas ini merupakan aktivitas yang sangat diridhoi oleh Allah karena dengan kita membaca kitab-kitab Allah, kita akan mendapat ganjaran dari Allah. Dan aktivitas ini didalam agama Islam merupakan suatu bentuk ibadah kepada Allah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan