Mohon tunggu...
Azzahra SyafitriAulia
Azzahra SyafitriAulia Mohon Tunggu... Guru - UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

video pembelajaran dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI: Pentingnya Media sebagai Pendukung Pembelajaran

9 Agustus 2022   23:46 Diperbarui: 9 Agustus 2022   23:56 45 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kegiatan KKN merupakan kegiatan wajib harus diikuti seluruh mahasiswa salah satunya di Universitas Pendidikan Indonesia. Pada kegiatan KKN Tematik UPI tahun ini menerapkan program kegiatan berbasis SDG's Desa. Di dalam Program tersebut terdapat 17 poin utama yang merujuk pada kearifan lokal. 

Tema program yang ditentukan yaitu DESA PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT. Dari tema besar tersebut direncanakan beberapa program kerja, diantaranya membantu mempersiapkan media pembelajaran, melakukan bimbingan belajar diluar sekolah, dsb. 

Pendidikan terus berjalan mengikuti perkembangan zaman. Dengan beberapa keadaan yang dialami di Indonesia, salah satunya pandemi Covid-19. Sehingga dalam pendidikan mengalami perubahan dalam proses pembelajarannya. Pembelajaran jarak jauh membuat pemerintah bersama sekolah dan para guru memberikan kesan baru dalam pembelajaran. 

Pembelajaran dapat berjalan dengan didukung penggunaan media sebagai penghubung komunikasi, alat belajar, dan banyak sumber belajar yang dapat diakses online. Sehingga pada saat ini, kondisi sudah mulai kembali normal, pembelajaran sudah dilakukan kembali disekolah namun tidak melupakan media sebagai sumber belajar. 

Di SDN Srengseng Sawah 07 Pagi, pembelajaran dilakukan dengan penggunaan banyak media belajar. Media yang digunakan antara lain video dari Youtube, materi yang disajikan dengan tampilan dari aplikasi word atau powerpoint. Pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran terbukti lebih memfokuskan siswa saat belajar, lebih antusias, dan mendapatkan gambaran konkret mengenai materi yang dipelajari. 

Pendidikan Sepanjang Hayat memiliki artian bahwa selama kita hidup kita akan terus mempelajari hal-hal baru disetiap harinya. Tidak hanya didapatkan dari sekolah, belajar bisa dilakukan dimanapun dan kapan saja. Sehingga dalam kegiatan KKN ini dilakukan juga bimbingan belajar yang dilakukan diluar sekolah dengan tujuan menambah pemahaman siswa mengenai pelajaran yang kurang. 

dokpri
dokpri

Anak-anak hebat yaitu mereka yang tidak kenal lelah untuk belajar. Terimakasih atas bantuan dan dukungan yang terlah diberikan. Apa yang telah dilakukan supaya berkepanjangan dan memiliki manfaat besar untuk membangun pendidikan indonesia yang bermutu.

Ditulis oleh : Azzahra Syafitri Aulia

DPL kelompok 147 : Dra. Hj. Rd. Deti Rostika, M.Pd

UPI KAMDA CIBIRU

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan