Mohon tunggu...
Zahra Safira Pramuji
Zahra Safira Pramuji Mohon Tunggu... Lainnya - hamba tuhan

just do it

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peta Kehidupan

22 September 2021   12:10 Diperbarui: 22 September 2021   12:11 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PETA KEHIDUPAN

Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarokatuh.

Haloo semuaaa.

Seperti kata pepatah "Tak kenal maka tak sayang." Perkenalkan nama saya Zahra Safira Pramuji, biasa dipanggil ara. 

Tak terasa sekarang saya sudah duduk dibangku kuliah, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta Selatan. Di usia seperti saya sekarang ini yang sudah bisa dikatakan "dewasa", kita dituntut secara mandiri dan bertanggung jawab untuk menentukan arah kehidupan diri sendiri. Seperti mau jadi apa kita dimasa mendatang, atau mau digunakan untuk apa gelar sarjana yang kita punya. 

Yups, sebagaimana pada gambar diatas, itu adalah contoh bagaimana saya merencanakan arah kehidupan saya kedepannya. Dengan menggambar life map (peta kehidupan), menurut saya akan lebih terstruktur dan jelas dalam menggapai impian kita. Hal tersebut juga memudahkan kita dalam menyampaikan apa yang ingin kita gapai kedepannya kepada orang lain. 

Saya sendiri mengusung tema "My Life Map 5W + 1H".  Pasti pembaca sekalian bertanya-tanya mengapa harus 5W + 1H ??  

Menurut saya pribadi, mengetahui apa yang kita mau beserta alasannya, akan membuat diri kita lebih termotivasi lagi dalam mencapainya. Sebagai contoh:

  • what (apa yang saya mau) adalah menjadi auditor 
  • why   (kenapa saya menginginkannya) adalah karena pekerjaan tersebut sangatlah seru dan menyenangkan

Otomatis, saya akan lebih giat dalam mengasah keahlian di bidang audit. Karena saya ingin menjadi auditor, dimana auditor adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi saya. 

Sementara selebihnya (where, how, who, when) menjelaskan bagaimana jalan saya dalam mewujudkannya. Lumayan terstruktur bukan? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun