Mohon tunggu...
Zahrah rafifah
Zahrah rafifah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Obat Masalah Hidup

24 Februari 2019   08:33 Diperbarui: 24 Februari 2019   13:34 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era yang moderen ini banyak banget yang membuka praktek-praktek proposional yang tidak sesuai dengan kode etik, sehingga dalam memberikan layanan kepada masyarakat guru BK harus meyakinkan kembali masyarakat dari rasa ketidak percayaanya. Dalam memberikan layanan juga tidak sembarangan, harus sesuai dengan komponen layanan guru BK. 

Kalau para sahabat literasi udah baca artikel saya yang kemaren, pasti kalian udah paham kan guru BK? Udah dong pastinya. Nah yang sekarang mau dibahas adalah komponen layanan guru BK, apa aja sih layanan guru BK? Ada empat komponen layanan guru BK, antara lain;


Yang pertama adalah layanan dasar. layanan ini di artikan sebagai proses pemberian bantuan kepada seluruh konseli atau klien melalui kegiatan penyiapan pengalaman yang terstruktur atau kelompok yang dirancang dan dilaksanakan secara sitematis untuk mengembangkan kemampuan penyesuaian diri yang efektif sesuai dengan tahap dan tugas-tugas perkembangan sesuai dengan yg telah dituangkan sebagai standar kompetensi kemandirian. 

Nah tujuan dari layanan ini yaitu untuk membantu semua konseli agar memperoleh perkembangan yang kedepannya lebih baik. Layanan ini fokus pada perkembangan aspek-aspek pribadi, sosial, belajar dan karir.


Yang kedua ialah layanan permintaan dan perencanaan individual.  Permintaan sendiri merupakan program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat dan bakat serta kemampuan peserta didik dalam pendalaman mata pelajaran. 

Pada kurikulum 2013 permintaan peserta didik mencakup minat belajar, penetapan minat belajar yg di tawarkan oleh satua pendidikan, pengambilan pilihan dan keputusan peserta didik tentang peminatan belajar , proses yang bertujuan agar peserta didik mencapai keberhasilan dalam proses belajar serta pengembangan optimal dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional, layanan permintaan peserta didik yang akan digarap oleh bimbingan dan konseling. 

Dan layanan perencanaan individual sendiri diartikan bantuan kepada peserta didik agar peserta didik mampu melakukan aktivitas-aktivitas yang sistematis dan berkaitan dengan perencanaan masa depan berdasarkan kelebihan dan kekurangan peserta didik. 

Tujuan dari layanan ini agar konseli memahami jati dirinya, dan mampu merumuskan tujuan, perncanaan, dan pengelolaan terhadap perkembangan dirinya dari aspek pribadi, sosial, belajar, maupun karir untuk kedepannya, serta dapat mengimplementasikan.


Yang ketiga adalah layanan responsif. Layanan ini memberikan respon berupa bantuan kepada peserta didik  atau konseli yang menghadapi masalah  dan yang memerlukan pertolongan dengan segera. Tujuan dari layanan ini membantu konseli yang sedang mengalami masalah tertentu menyangkut perkembangan pribadi, sosial , belajar, dan karir. Bnatuan yang diberikan bersifat segera.


Dan yang terakhir adalah dukungan sistem. Dukungan sistem sendiri merupakan komponen pelayanan dan kegiatan manajemen, tata kerja, infrastruktur (misalnya Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan pengembangan kemampuan profesional konselor secara berkelanjutan. Tujuannya untuk memberikan dukungan kepada konselor dam mempelancar penyelenggaraan komponen-komponen layanan sebelumnya.


Dari komponen layanan-layanan guru BK diatas menunjukkan bahwa guru BK itu mulfungsi , ibarat kata kita sakit pergi ke dokter, sedangakan kalau kita ada masalah kita bisa menyelesaikan dengan meminta layanan konselor.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun