Mohon tunggu...
Zahra Isnaeni Sultan
Zahra Isnaeni Sultan Mohon Tunggu... Perlakukan Seseorang Sebagaimana Kau Ingin Diperlakkukan

Perlakukanlah Seseorang Sebagaimana Kau Ingin Diperlakukan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dampak Perekonomian akibat Adanya Covid-19

14 Januari 2021   07:21 Diperbarui: 14 Januari 2021   07:34 31 0 0 Mohon Tunggu...

Penulis: Zahra Isnaeni Sultan

DAMPAK PEREKONOMIAN AKIBAT ADANYA COVID-19

Diindonesia sendiri merebaknya wabah covid-19 mulai menyebar pada awal bulan maret 2020. Sejak saat munculnya covid-19 berbagai upaya telah dilakukan untuk meredam penyebaran dari pandemik covid-19. Hal ini membuat pemerintah menutup berbagai akses, dimana wabah ini bukan hanya mempengaruhi kesehatan namun mempengaruhi semua bidang dan salah satunya yaitu bidang perekonomian.

Akibat adanya pandemik covid-19 ini berimbas di berbagai sektor sehingga terjadi penurunan perekonomian. Dimana hal ini tentunya membuat masyarakat banyak mengalami krisis perekonomian. Dengan menyebarnya wabah covid-19 ini maka pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial yang mengaruskan masyarakat untuk tetap beraktifias dirumah saja. Keputusan yang diambil pemerintah tentunya mempunyai efek samping bagi banyaknya masyarakat.

Seperti yang diketahui bahwa sebagian besar mata pencarian dari masyarakat yaitu berdagang dengan adanya pembatasan sosial ini maka pendapatan masyarakat mengalami penurunan. Pendapatan negarapun mengalami penurunan akibat adanya pembatasan sosial ini seperti dengan adanya penutupan diberbagai akses perdagagan maka jalur dagang yang ada mengalami penurunan drastis, karena adanya penutupan impor dan ekspor.

Dilakukan pula pembatasan pada akses  pariwisata yang mengakibatkan banyaknya wisatawan mancanegara mengalami penurunan drastis yang melakukan kunjungan. Hal ini diakibatkan dengan adanya larangan penerbangan antara negara demi mengindari wabah covid-19.

Wabah covid-19 ini sangat mempengaruhi semua aspek yang ada semua aktifitas yang ada dihentikan untuk sementara waktu yang belum diketahui kapan akan berakhir. Namun pemerintah telah membuat suatu langkah yaitu dengan memberikan bantuan berupa uang maupun sembako bagi masyarakat yang membutuhkan. Pemerintah juga telah menemukan solusi pencegahan covid-19 yaitu dengan adanya pemberian vaksin kepada kalagan masyarakat. Dengan adanya vaksin ini diharap akan meredam wabah covid-19.

VIDEO PILIHAN